Home / Sumsel / PALI / Penyelenggara Pemilukada PALI Belum Jelas

Penyelenggara Pemilukada PALI Belum Jelas

Palembang, BP

Hingga saat ini, penyelenggara Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) belum jelas.

Sekretaris Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) M Daud mengatakan, Pemilukada PALI 2015 dapat saja diselenggarakan KPU Kabupaten Muaraenim atau KPU Sumsel. Namun, belum ada kepastian apakah KPU Muaraenim atau KPU Sumsel yang menyelanggarakan Pemilukada di kabupaten baru tersebut.

“Penyelenggaranya bisa dilakukan oleh Komisioner KPUD Kabupaten Muaraenim, karena merupakan kabupaten induk atau asal, dan pada pilkada tujuh kabupaten serentak ini, Muaraenim tidak melaksanakan pilkada,” kata Daud kepada wartawan di Palembang, Minggu (29/3).
Dia mengatakan, untuk daerah otonomi baru (DOB) lainnya, yakni Musirawas Utara (Muratara), penyelenggaraan pemilukada dilakukan Komisioner KPU Sumsel.

Baca:  PBB Usung Wahab Nawawi Balonbup OKUS

Dikatakan Daud, Pemilukada Muratara dilakukan Komisioner KPU Sumsel karena KPU Musirawas (Mura) diwaktu bersamaan juga melaksanakan pemilukada.

“Muratara dan Mura pilkadanya berbarengan, dan hanya Komisioner KPUD Mura yang ada, sehingga jika mereka (Komisioner KPUD Mura-red) yang akan melaksanakan Pilkada Muratara, kemungkinan besar tidak mampu, sehingga dialihkan ke KPU Sumsel,” kata Daud.
Kata Daud, tugas Komisioner KPU Sumsel menyelenggarakan Pemilukada Muratara tersebut sudah sesuai dengan Peraturan KPU. “Jadi, nanti tidak ada di SK-kan lagi, karena aturannya seperti itu,” katanya.

Baca:  Berkas Balonbup-Balonwabup Diproses DPP Nasdem

KPU PALI maupun KPU Muratara hingga kini belum terbentuk. “Berbicara penyelenggaraan pilkada yang belum terbentuk lembaga KPUD-nya, telah diatur khusus penyelenggaranya. Kabupaten Muratara dan PALI akan dibentuk, sektetariatnya pasti ada gedungnya, dan sekretaris KPUD-nya akan segera dilantik,” kata Daud.

Sebelumnya, Anggota KPU Sumsel Ahmad Naafi mengatakan, pengisian sekretaris dan personel di KPU Muratara dan PALI akan segera terealisasi. Dia mengatakan, Ketua KPU Husni Kamil Manik mengeluarkan surat tertanggal 24 Maret 2015, meminta kepada KPU Provinsi atau KPU Kabupaten Muaraenim dan Mura untuk mempersiapkan pengisian pejabat struktural dan staf Sekretariat KPU PALI dan Muratara.

Baca:  Berebut Dampingi Heri Amalindo

“Akan segera diusulkan pengisian sekretaris dan staf KPUD Muratara dan PALI, bersamaan dengan 12 DOB di Indonesia, dan KPU Sumsel sudah berkoordinasi dengan KPUD kabupaten induk,” kata Naafi. O osk

x

Jangan Lewatkan

Rembrandt Frerichs Trio Belanda Meriahkan Musi Jazz Sriwijaya

Palembang, BP–Maestro musik Jazz asal Belanda yang tergabung dalam Rembrandt Frerichs Trio berkolaborasi dengan musisi kenamaan Indonesia, Dwiki Dharmawan, memeriahkan ...