Home / Bisnis / Bulog Siap Serap Gabah Petani

Bulog Siap Serap Gabah Petani

Palembang, BP

Memasuki musim panen raya, Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Sumatera Selatan (Sumsel) siap menyerap gabah milik petani dengan harga gabah baru sesuai dengan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 5 Tahun 2015.

Dalam Inpres tersebut, HPP gabah naik sekitar 10 persen dari harga sebelumnya. Gabah kering panen (GKP) Rp 3.700 per kilogram (kg) di tingkat petani, GKP di penggilingan Rp3.750 per kg, Gabah Kering Giling (GKG) di penggilingan Rp4.600 per kg, GKG di Bulog Rp4.600 per kg. Sedangkan harga pengadaan beras di Bulog Rp7.300 per kg.

Baca:  Tahun 2020 , Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Cenderung Alami  Pengulangan Di Tahun 2019

Kepala Humas Bulog Divre Sumsel Fahmi mengatakan, bulan Maret sudah memasuki musim panen, pihaknya optimis dapat mencapai target penyerapan beras dari petani. “HPP beras mengalami kenaikan sekitar 10 persen, dari Rp6.000-an lebih per kilogram menjadi Rp7.300 per kilogram. Untuk pembelian gabah kering giling, Bulog akan menerima dengan harga Rp4.600-an per kilogram. Sekarang kita mulai melakukan penyerapan,” katanya.

Baca:  Infrastruktur Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

Meskipun sudah dilakukan penyerapan, pihaknya belum dapat pastikan angka pencapaiannya. Pihaknya melakukan penyerapan beras di sentral beras Bulog seperti diantaranya Banyuasin dan OKU. “Kita sudah punya mitra petani dan kita lakukan pembelian dengan HPP,” katanya.pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

BSB Fun Run 2020 Berlangsung Meriah, Ribuan Peserta Antusias

BSB Fun Run 2020 berlangsung spektakuler, ribuan peserta antusias mengikuti kegiatan dalam rangka HUT Bank Sumsel Babel yang ke 62 ...