Home / Pendidikan / Siswa Berprestasi Dijaring Dari Kecamatan

Siswa Berprestasi Dijaring Dari Kecamatan

Tahun ini, metode seleksi siswa berprestasi dimulai dari tingkat kecamatan. Hal ini dinilai sangat efisien dalam merangkul semua sekolah untuk ikut bersaing dalam prestasi.

Palembang, BP

“Selama ini, banyak sekolah yang kecolongan tidak turut mengirim siswanya dalam ajang ini. Sebab, seleksi dilaksanakan dengan penunjukkan langsung Disdikpora terkait sekolah mana yang ikut dari tingkat kota untuk naik ke provinsi dan selanjutnya ke nasional. Mulai tahun ini metode seleksi dari kecamatan,” kata, Pengawas UPTD Disdikpora Kecamatan Alang-Alang Lebar Palembang Yuspardyah, Jumat (27/3).
Ia menjelaskan, dengan adanya seleksi siswa berprestasi di tingkat kecamatan ini cukup membantu pihaknya dalam pemetaan ukuran sekolah unggulan. Tidak hanya itu, sekolah-sekolah yang ada juga bisa berpacu dalam persaingan yang positif. Sebab, kalau menggunakan metode lama justru menimbulkan kecemburuan antar sekolah.
“Pastinya sangat merangkul semua sekolah. Mengingat di Kecamatan AAL sendiri tercatat ada 4 SMA dan 8 SMP baik negeri maupun swasta,” ujarnya.
Ketua Pelaksana Seleksi Siswa Berprestasi Kecamatan AAL, Muhammad Thamrin menyebutkan, pelaksanaannya digelar pada 27-28 Maret 2015 yang diikuti semua sekolah di AAL. Untuk lokasi seleksi siswa berprestasi di AAL dipilihkan gedung SMP Indo Global Mandiri (IGM).
“Kami memilih lokasi pelaksanaannya di SMP IGM karena sekolah ini memiliki cukup fasilitas dan memang termasuk sekolah kebanggaan kecamatan AAL,” ungkapnya.
Dalam seleksi ini, lanjut Thamrin, para siswa mengikuti tes tertulis untuk beberapa mata pelajaran di hari pertama. Di hari kedua dilaksanakan tes wawancara terkait kepemimpinan. Masing-masing siswa akan ditanyakan kelebihan dan keterampilan yang bisa dia andalkan jika akan mengikuti seleksi di tingkat selanjutnya.
“Tidak ada tes keterampilan karena waktunya memang terbatas. Kami hanya akan mencari tiga siswa terbaik tingkat SMP dan tiga terbaik tingkat SMA. Mereka inilah yang nanti akan mewakili Kecamatan AAL untuk diseleksi di tingkat kota April mendatang,” pungkasnya. Oadk

x

Jangan Lewatkan

Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Stebis IGM Gandeng UIN

Palembang, BP— Meskipun baru berusia empat tahun, namun Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (Stebis) IGM Palembang terus melakukan akselerasi terobosan ...