Home / Palembang / Dinsos Bantah Intervensi TKD PPKT

Dinsos Bantah Intervensi TKD PPKT

Palembang, BP

Dinas Sosial Sumsel membantah bahwa pihaknya mengintervensi jalannya Temu Karya Daerah (TKD) V Pengurus Provinsi Karang Taruna (PPKT) Sumsel, Selasa (24/3) lalu. Robby Kurniawan yang terpilih secara aklamasi sebagai Ketua PPKT Sumsel, dipermasalahkan beberapa pihak.
Kepala Dinsos Sumsel Apriyadi sebagai Pembina Fungsional Karang Taruna Sumsel mengatakan, tidak ada intervensi dalam TKD PPKT tersebut. Pihaknya sebagai pembina, hanya memfasilitasi jalannya TKD agar berjalan dengan lancar.
“Karang Taruna adalah Organisasi Kepemudaan (OKP) yang bergerak di bidang sosial. Itu pembina fungsionalnya Dinsos. Apa yang dilakukan Dinsos hanyalah memfasilitasi TKD. Kita hanya mengarahkan jalannya TKD, tidak ada intervensi apapun,” tuturnya melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Dinsos Sumsel, Belman Karmuda, Kamis (26/3).
Karang Taruna, jelas Belman, berbeda dengan OKP lainnya yang independen dan berasal dari masyarakat. Karang Taruna adalah OKP ‘plat merah’ yang sepak terjangnya harus dipertanggungjawabkan oleh pemerintah setempat.
“Kami memfasilitasi TKD dengan dasar Permensos nomor 77/huk/2010 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna.. Bukan asal-asalan memfasilitasi. Apabila ada yang menolak hasil TKD kemarin, berarti orang tersebut tidak mengerti dengan Permensos ini. Jangan emosi sesaat,” tegasnya.
Musyarawah mufakat diutamakan dalam pemilihan Ketua PPKT ini. Apabila mufakat tidak bisa dicapai, baru cara voting digunakan. “Kemarin saat pemilihan tercapai mufakat, jadi tak perlu voting lagi. Itu amanat undang-undang. Kami bertindak berdasarkan payung hukum yang sah,” lanjutnya.
Dirinya mempersilahkan apabila ada pihak yang akan mengevaluasi kinerja Dinsos Sumsel ke DPRD Sumsel, Karang Taruna Pusat, maupun ke Gubernur Sumsel.
Sementara itu, Steering Commite TKD V, Arwadi menuturkan tidak ada intervensi dalam kegiatan tersebut. Mantan Sekretaris PPKT Sumsel periode 2008-2013 tersebut mengaku tidak mengetahui ada yang menolak hasil pemilihan ketua tersebut.
Ia pun membantah ada manipulasi waktu pendaftaran calon ketua. “Begitu selesai pembukaan, acara langsung dimulai. Pembukaan pendaftaran calon ketua pun telah dibuka sejak panitia TKD V terbentuk. Seharusnya orang yang ingin mencalonkan diri punya banyak waktu untuk mendaftarkan dirinya,” ujarnya lewat sambungan telepon. Oidz

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Ribuan Orang Dewasa dan Balita Terjangkit ISPA

Palembang, BP — Musim kemarau dan kabut asap yang melanda Kota Palembang berdampak buruk pada kesehatan. Hingga pekan pertama di bulan ...