Home / Pendidikan / Pertukaran Dosen Tingkatkan Kompetensi

Pertukaran Dosen Tingkatkan Kompetensi

Palembang, BP

Peningkatan kualitas dosen di lingkungan perguruan tinggi menjadi prioritas yang harus dilakukan. Pasalnya dengan peningkatan kompetensi dosen, otomatis dapat memberikan kontribusi pengembangan pendidikan bagi mahasiswa. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan melakukan pertukaran dosen.
Rektor Universitas Indo Global Mandiri (IGM) Dr Marzuki Alie mengatakan banyak cara untuk meningkatkan kualitas dosen dan mutu pendidikan di lingkungan kampus. Saat ini pihaknya lagi gencar-gencarnya menjalin kerja sama dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) serta Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Kerja sama tersebut dalam semua bidang yang menjadi fokusnya kini pertukaran dosen yang mengajar. Selain itu juga kerja sama di bidang lainnya.
“Pertukaran dosen menjadi solusi untuk bisa menambah wawasan dosen itu sendiri,” ungkapnya, di sela penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Yayasan Indo Global Mandiri (IGM) dengan UIN Raden Fatah di aula Kampus A IGM, Selasa (24/3).
Ia juga menjelaskan, dengan pertukaran dosen bisa memahami dan menambah pengetahuan cara mengimplementasikan pendidikan di lingkungan perguruan tinggi.
“Tidak meski pertukaran ke luar negeri. Dengan pertukaran dosen di wilayah yang sama juga menjadi bagian penting untuk meningkatkan kompetensi dosen,” kata Marzuki.
Ia menambahkan, banyak sekali keuntungan yang didapat dari kerja sama yang dilakukan. Bukan UIN Raden Fatah saja yang menjalin kerja sama tetapi pihaknya juga menjalin kerja sama dengan pihak swasta, BUMN, dan lain-lain. Tetapi kalau untuk kampus, khususnya di Sumsel ini merupakan kali pertama. Wujud kerja sama yang terdekat yakni pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UIGM yang juga akan melibatkan pihak UIN Raden Fatah Palembang.
“Jadi saat PMB nanti, UIGM akan bergabung dengan UIN Raden Fatah dan berkomitmen menghasilkan lulusan yang berkualitas,” terangnya.
Sementara itu, Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof Dr Aflatun Muchtar, MA, mengatakan pihaknya akan terus meningkatkan kerja sama Tri Darma pendidikan. Apa lagi dari sisi fakultas antara kedua kampus ada kesamaan, di antaranya, Fakultas Ekonomi Bisnis Syariah. Selain itu juga mulai tahun 2016 UIN akan membuka Fakultas Sains Teknologi dan Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik. Dengan akan dibukanya fakultas baru tersebut diharapkan akan semakin memperluas kerja sama yang terjalin.
“Dengan MoU ini kualitas pendidikan dosen dan mahasiswa akan terus ditingkatkan,” pungkasnya. Oadk

x

Jangan Lewatkan

UKB Incar Akreditas A di Tahun 2020

Palembang, BP — Sebagai salah satu kampus swasta terkemuka di Palembang, Universitas Kader Bangsa (UKB) terus melakukan upaya peningkatan kualitas ...