Home / Sumsel / Musirawas / Dinsos Akan Bina Tiga kelompok KAT

Dinsos Akan Bina Tiga kelompok KAT

Muarabeliti, BP
Tiga kelompok Komunitas Adat Terpencil (KAT), akan dilakukan pembinaan oleh Dinas Sosial (Dinsos). Sebagian dari KAT masih hidup bergantung dengan hutan.

Kepala Dinsos Musi Rawas (Mura) Yamin Pabli mengatakan, di Mura ada sembilan kelompok KAT namun setelah mekar Muratara kini tinggal tiga kelompok lagi. Dua kelompok berada di Kecamatan Muara Lakitan satu kelompok berada di Kecamatan STL Ulu Terawas.
“Di Muara Lakitan berada di wilayah Air Itam dan HTI sedangkan di STL Ulu Terawas tidak jauh dari Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum),” jelasnya, Rabu (25/3).
Lebih lanjut ia menyampaikan, untuk di STL Ulu Terawas KAT telah membaur sedangkan di Muara Lakitan tepatnya di wilayah Desa Semangus Lama mareka masih hidup bergantung dengan alam seperti berburu dan mancing.
“Di Semangus KAT sudah menetap namun pemukiman mareka masih seadanya. Disana juga sudah ada sekolah dasar dan pelayanan kesehatan,”ungkapnya.
Dikatakannya, dikarenakan belum adanya penghasilan tetap pihaknya kedepan akan melakukan pembinaan dengan memasarkan hasil kerajinan tangan KAT, seperti kerajinan tangan anyaman. Kami juga akan mengembangkan apa yang ada potensi di KAT.
“Pendidikan mereka masih sangat terbatas bahkan SD disana untuk kelas enam hanya ada satu murid,” ujarnya.
Ditambahkannya, wilayah pemukiman tempat mereka bernaung masih terisolir dan jauh dari pemukiman. Untuk bertemu dengan KAT di Muara Lakitan masih sangat susah. O wan

x

Jangan Lewatkan

Dishubkominfo Jamin Tak Ada Titik Macet

Muarabeliti, BP Pemerintah Kabupaten Musirawas (Mura) melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) menjamin tidak akan ada kemacetan untuk arus ...