Home / Sumsel / Pagaralam / Alat Kesenian Pagaralam Minim

Alat Kesenian Pagaralam Minim

Pagaralam, BP

Kesenian di Kota Pagaralam sangat unik dan menarik. Namun, sangat disayangkan alat kesenian tersebut minim sehingga ketika akan dilaksanakan pentas harus meminjam terlebih dahulu kepada sanggar seni.
“Kita akui bahwa saat ini alat kesenian di Kota Pagaralam sangat minim. Khusus untuk Pemkot Pagaralam tidak ada sama sekali alat kesenian tersebut sehingga ketika ada kegiatan meminjam terlebih dahulu,”ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pagaralam Samsul Bahri Burlian, Rabu ( 25/3).
Menurutnya, adapun alat kesenian khas Besemah, seperti kenong, gong, akordeon dan lainnya. Untuk itulah, kedepan pihaknya berencana membuat alat tersebut dengan memesan. Tentunya, untuk mengadakan alat kesenian membutuhkan dana yang tidak sedikit dan diharapkan ada dukungan pihak terkait dalam hal ini DPRD Kota Pagaralam untuk mendukung ketika pihaknya mengusulkan.
“Nantinya jika alat ini ada maka akan kita bentuk suatu sanggar khusus. Dengan begitu, setiap sanggar di Kota Pagaralam bisa latihan dan memanfaatkan alat tersebut. Bahkan, alat band juga harus dilengkapi sehingga anak-anak muda yang memiliki talenta bisa menyalurkan bakatnya,” katanya.
Ditambahkan Samsul, dengan adanya alat tersebut, pembinaan sanggar kesenian di Kota Pagaralam bisa berjalan dengan baik dan tari-tari kreasi di daerah ini bisa berjalan. Apalagi, sebagai daerah tujuan wisata tentunya sangat penting melestarikan budaya dan kesenian yang ada di Kota Pagaralam.
Sementara itu, Wakil Walikota Pagaralam Novirzah Djazuli mengatakan, pihaknya berharap agar kesenian asli Kota Pagaralam tetap lestari. Kemudian, kepada sanggar kesenian untuk lebih aktif menciptakan tari-tarian baru.
“Tari asli Besemah sudah ada. Kita harapkan sanggar kesenian berlomba menciptakan tarian yang bagus. Apalagi, jika bagus bukan tidak mungkin akan ditampilkan ketika kegiatan di Kota Pagaralam dilaksanakan,” katanya. O dar

x

Jangan Lewatkan

Jembatan Endikat Jebol, Pagaralam Terancam Terisolir

Pagaralam, BP — Jembatan Endikat yang terletak di Jalan Negara tepatnya di perbatasan Kabupaten Lahat dengan Kota Pagaralam terancam jebol. ...