Home / Pemerintahan / Sekip Bebas Banjir Butuh Rp200 M

Sekip Bebas Banjir Butuh Rp200 M

Palembang, BP

Untuk mengatasi banjir di Kawasan Sekip dan sekitarnya, setidaknya butuh Rp200 miliar untuk pembangunan proyek pompa bendung, kolam, dan pintu sungai.

Hal ini disampaikan Bistok Simanjuntak Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII usai menjadi pembicara Peringatan Hari Air Sedunia 20015 di Pascasarjana Unsri, Jumat (20/3).

Menurut dia, proyek ini sudah mendesak, bahkan Pemerintah Pusat sudah dua kali mengeluarkan anggaran. Namun Pemerintah Kota (Pemko) Palembang hingga saat ini belum merealisaikan pembebasan lahan.

“Sekarang warga yang terkena kawasan proyek harus mau mendorong pembangunan ini, karena banjir di kawasan Sekip Bendung dan sekitarnya sudah cukup parah. Jika bulan ini pembebasan lahan selesai, maka 2017 nanti kawasan tersebut sudah cukup teratasi,” katanya,

Dana proyek ini sudah disetujui melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) pusat. Tinggal menunggu warga yang terkena dampak untuk mau diganti rugi lahan.

Ridho (30), warga sekitar proyek di kawasan Sekip Bendung mengakui ada petugas yang mengukur luas lahan hingga menawarkan ganti rugi lahan. Malahan pengukuran pernah dilakukan sejak 2011 namun banyak yang tidak mau.

“Sudah beberapa kali mengukur, bahkan kabarnya sudah ada sosialisasi. Informasinya pengukuran bahkan juga dipindahkan lokasi, namun hingga saat kabarnya masih banyak yang belum setuju,” jelas dia.

x

Jangan Lewatkan

Ma’ruf Cahyono: Mahasiswa Harus Menjadi Pelopor Pelaksanaan Pancasila

Palembang, BP—Sesjen MPR RI Ma’ruf Cahyono mengajak  mahasiswa untuk benar-benar menerapkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.  Karena,  cara terbaik menjaga dan ...