Home / Palembang / Atasi Banjir Palembang Butuh Pintu Sungai

Atasi Banjir Palembang Butuh Pintu Sungai

Palembang, BP

Agar proyek pembangunan drainase dan kolam retensi dapat berfungsi dengan baik saat terjadinya hujan lebat akibat luapan Sungai Musi, Pemerintah Kota (Pemko) Palembang akan membangun pintu buka tutup sungai di muara sungai bendungan. Hal tersebut dikatakan Harnojoyo, Plt Walikota Palembang, Selasa (17/3).

Menurut dia, tahun ini juga akan dibangun satu pompa bendungan yang sistemnya bisa buka tutup, jadi saat air sungai meluap air tidak langsung masuk ke pemukiman warga. “Ini untuk mendorong kinerja drainase dan kolam retensi yang sudah dibangun selama ini, jadi tidak ada pembangunan yang sia-sia,” kata Harno.

Baca:  Jurang di Jalan Provinsi Ancam Pengguna Jalan

Dijelaskan, drainase dan waduk akan terus dibangun, targetnya hingga tahun depan ada dua waduk besar yang akan dibangun yakni 100 hektar di kawasan Gandus, Tanjung Barangan, dan simpang Bandara.

“Untuk tahun 2016 nanti, proyek pompa bendungan nanti juga akan ditambah lagi di muara Sungai Sekanak. Jadi jika semua program ini berjalan baik, ditargetkan 70 hingga 80 persen banjir dapat diatasi,” jelas Harno.

Baca:  15 Hektar Lahan Sawah di Sumsel Terendam Banjir

Soal anggaran yang tidak sedikit ini, Harno mengklaim Pemerintah Kota tidak berdiri sendiri, program yang dianggap prioritas akan mendapatkan dana bantuan dari pihak provisi dan pusat. “Saya rasa soal dana tidak memberatkan, karena Palembang juga dibantu pihak provinsi dan pusat,” tukas Harno. #ren

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Kualitas Air Baku Berubah, Distribusi Air PDAM Berwarna

Palembang, BP — Air bersih yang diterima oleh pelanggan PDAM Tirta Musi berwarna dan menjadi keluhan sejak beberapa hari terakhir. Hal ...