Home / Pendidikan / Mei 2015, SD-SMP Tak Layak Direnovasi

Mei 2015, SD-SMP Tak Layak Direnovasi

Palembang, BP
Renovasi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang masuk kategori tak layak di Kota Palembang mulai direnovasi, Mei 2015 mendatang.

Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palembang Ali Subri mengatakan, pihaknya saat ini sedang membentuk panitia untuk melakukan renovasi.

“Renovasi SD dan SMP di agendakan bulan Mei ini. Namun ada juga Sekolah yang baru direnovasi pada Juni,” kata Ali Subri, Selasa (17/3).

Ia mengungkapkan, ada 60 persen dari 275 SD dan 68 SMP negeri di Kota Palembang dalam kategori tak layak dengan infrastruktur sebagai aspek yang paling perlu dibenahi.

Untuk pembenahan tersebut, DPRD Palembang telah mengucurkan dana sebesar Rp246 miliar melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Palembang 2015.

“Dana dari APBD sebesar Rp246 miliar sudah cair. Ini masih belum cukup karena idealnya mencapai Rp400 miliar,” katanya.

Persoalan sekolah yang rusak maupun kekurangan kelas menjadi perhatian serius dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Palembang. Beberapa sekolah yang sudah rusak akan didata dan diberikan prioritas perbaikan.

Kepala Disdikpora Palembang, Ahmad Zulinto mengatakan, ia sudah menugaskan setiap UPTD di kecamatan untuk mendata ulang sekolah yang kekurangan kelas maupun yang rusak.

“Tahun ini akan mulai perbaikan, karena anggarannya sudah ada. Kita lakukan ini secara bertahap. Makanya setiap UPTD perlu mendata sekolah mana saja yang ruang kelasnya bermasalah. Termasuk UPTD Kalidoni yang katanya ada salah satu sekolah yang kondisinya memprihatinkan,” katanya.

Zulinto memastikan, setidaknya tahun 2017 semua kecamatan sudah memiliki gedung sekolah sendiri melalui proses regrouping dan penambahan bangunan maupun perbaikan.

“Kita selalu mengajukan anggaran dan membicarakan hal ini dengan Komisi IV. Memang ada beberapa sekolah yang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) jika kondisi sekolah tersebut sudah sangat memperihatinkan,” jelasnya. #osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DR Sunda Ariana Resmi Jadi Rektor Universitas Bina Darma

Palembang, BP — Setelah rektor sebelumnya Prof. Ir. H. Bochari Rachman, M.Sc wafat belum lama ini, Dr. Sunda Ariana M.Pd. ...