Home / Pendidikan / S2 Tak Bisa Satu Setengah Tahun

S2 Tak Bisa Satu Setengah Tahun

Palembang, BP

 Menyelesaikan kuliah S2 saat ini akan lebih ketat berbeda seperti sebelumnya. Jumlah SKS ditambah dari 36 menjadi 72 SKS.

Masa studi program pascasarjana atau Strata II (S2) yang selama ini bisa 1,5 tahun dengan 36 Satuan Kredit Semester (SKS), kini tidak bisa lagi. Hal ini seiring dengan terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, di pasal 17 menjelaskan untuk mengikuti S2 harus menyelesaikan 72 SKS.

Dengan bertambahnya jumlah SKS tersebut tentu akan mempengaruhi terhadap masa studi mahasiswa yang mengambil S2 tersebut. Sehingga tidak dapat lagi diselesaikan dengan waktu 1,5 tahun lagi.

“Memang dengan keluarnya peraturan baru itu, tidak bisa lagi menyelesaikan kuliah S2 dalam waktu 1,5 tahun karena jumlah SKS yang harus diikuti bertambah dari jumlah standar sebelumnya. Kini menjadi 72 SKS dan membuat jurnal yang harus terakreditasi oleh Dikti (Pendidikan Tinggi-red),” kata Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah II Prof Dr Diah Natalisa MBA, Senin (30/6).

Peraturan ini baru disosialisasikan beberapa waktu lalu, untuk implementasi pihak Direktorat Jenderal (Ditjen) Dikti Kemdikbud masih akan melakukan sosialisasi. Sehingga, kini dirinya belum tahu kapan mulai diterapkan 72 SKS untuk S2 ini. Artinya, untuk menyelesaikan kuliah S2 saat ini akan lebih ketat berbeda seperti sebelumnya.

“Jadi lebih sulit S2 nantinya, dengan 72 SKS itu diperbanyak di penelitian-penelitian dan jurnal yang harus terakreditasi dari Dikti. Jelas lebih ketat, kalau S2 sebelumnya kan dalam waktu satu tahun atau satu setengah tahun sudah dapat menyelesaikan S2-nya, dengan 72 SKS jelas akan lebih lama,” jelasnya.

Sementara itu, Pembantu Rektor (PR) I Universitas Tridinanti Palembang (UTP) Dr Hj Manissa, mengaku pihaknya belum mengetahui persis pelaksanaan penambahan SKS untuk S2. Tak hanya itu, pihaknya juga sampai saat ini masih menunggu kapan mulai diberlakukan aturan tersebut.

“Belum ada sosialisasi terkait implementasi 72 SKS untuk program S2 ini. Tetapi, yang jelas dengan penambahan SKS ini pasti waktu menyelesaikan kuliah S2 tidak bisa 1,5 tahun, karena selama ini hanya 36 SKS untuk S2,” pungkasnya. #rio

x

Jangan Lewatkan

UKB Incar Akreditas A di Tahun 2020

Palembang, BP — Sebagai salah satu kampus swasta terkemuka di Palembang, Universitas Kader Bangsa (UKB) terus melakukan upaya peningkatan kualitas ...