Home / Pendidikan / Soal & LJUN Dijaga Ketat

Soal & LJUN Dijaga Ketat

Palembang, BP

Soal dan Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) tiba lebih awal. Pengamanan dilakukan super ketat.

Sebanyak tiga truk soal dan Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) tingkat SMA/sederajat tiba di Sumsel sekitar pukul 20.45, Sabtu (29/3) malam. Saat ini soal dan LJUN disimpan di gudang selama 10 hari. Penjagaan dilakukan Polda Sumsel bersama satuan pengawas pendidik Universitas Sriwijaya (Unsri).

Kedatangan soal dan LJUN lebih awal dari waktu yang ditargetkan 1 April. Soal dan LJUN dibawa dari percetakan PT Temprina dari Jawa Timur menggunakan 3 truk dikawal ketat oleh tiga anggota bersenjata lengkap dari Kesatuan Brimob Jatim yaitu IPTU M Syech Maulana Malik Ibrahim, Brigadir Purba Handayana dan Brigadir M Junaidi.

Sekretaris UN 2014 Sumsel M Zawawi, Senin (31/3) mengatakan, dengan tibanya soal dan LJUN lebih awal maka keterlambatan distribusi ke daerah bisa diminimalisir. Ditambahkan dia, pihaknya belum bisa menghitung jumlah soal dan LJUN tersebut. Pasalnya, belum serah terima dari PT Temprina kepada Disdik (Dinas Pendidikan-red) Sumsel.

Setelah serah terima baru akan dilakukan penghitung ulang hingga kemudian didistribusikan ke Kabupaten/Kota se-Sumsel. Namun, pastinya soal dan LJUN ini diperuntukkan bagi siswa SMA/SMK sederajat di Sumsel sebanyak 93.807 siswa. Sedangkan, bagi siswa yang mengikuti ujian Paket C sebanyak 6.545 orang.

Ketua Panitia Pengawas UN 2014 Sumsel Prof Zulkifli Dahlan MSi DEA, menambahkan pihaknya tahun ini hanya menjadi pengawas UN. Sehingga, sebagai satuan pengawas pendidik hanya berwenang mengawasi dan berharap tahun ini UN berjalan baik dan lancar.

Sementara itu, Ketua Pengamanan Gudang Soal dan LJUN dari Intel PAM Polda Sumsel IPTU Jisman, mengatakan pihaknya menyiapkan delapan anggota kepolisian bersenjata lengkap untuk menjaga soal-LJUN di gudang secara bergantian.

“Gudang diawasi 24 jam oleh anggota kepolisian dibantu tim pengawas dari Unsri sampai soal dan LJUN didistribusikan ke kabupaten/kota. Tempat gudang penyimpanan soal-LJUN dirasa sangat aman dan di tiap sudut gudang dilengkapi kamera CCTV. Anggota akan di siagakan terus untuk mencegah hal yang tidak diinginkan,” tuturnya. #rio

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Disdik Ajak FKIP UBD Gelar PPL ke Luar Negeri

Palembang, BP Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Pendidikan Sumsel mengajak program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) oleh mahasiswa Fakultas Keguruan ...