Home / Pendidikan / Hari Ini Serah Terima Soal UN

Hari Ini Serah Terima Soal UN

Palembang, BP

Serah terima soal Ujian Nasional (UN) dan Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) dari percetakan PT Temprina dari Jawa Timur kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel akan dilakukan Selasa ini  (1/4).

“Memang yang mencetak soalnya adalah PT Temprina. Untuk serah terima soal-LJUN dari PT Temprina kepada Disdik Sumsel akan saya terima besok (hari ini-red),” ujar Kepala Disdik Sumsel Drs Widodo MPd, ketika dihubungi BeritaPagi, Senin (31/3).

Menurut Widodo, soal itu akan menginap sekitar sepuluh hari di gudang penyimpanan yang dipastikan aman. Setelah itu, barulah pada 11 April mendatang soal akan didistribusikan ke masing-masing Kabupaten/Kota. Tidak hanya untuk UN tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat. Namun, hal ini juga berlaku untuk UN tingkat SD dan SMP, akan didistribusikan 3 hari sebelum pelaksanaan.

Widodo menambahkan, untuk rute distribusinya, akan terbagi menjadi empat rute. Rute pertama yakni Banyuasin-Musi Banyuasin-Lubuk Linggau-Musirawas dan Empat Lawang, rute kedua Prabumulih-Muaraenim-Lahat dan Pagaralam, rute ketiga Ogan Ilir (OI)-Ogan Komering Ilir (OKI)-Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) dan Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS).

“Sedangkan untuk rute terakhirnya adalah Kota Palembang sendiri. Dan rute yang kita tetapkan ini sama seperti yang dilakukan pada tahun lalu,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, pihaknya siap melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin demi menjaga keamanan soal tersebut. Sehingga, untuk keamanannya juga, pihaknya tetap melakukan hal yang sama seperti tahun sebelumnya. Mereka akan melakukan koordinasi dengan Kepolisian Daerah (Polda), Universitas Sriwijaya (Unsri) dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumsel untuk menjaga naskah soal tersebut.

“Tempat penyimpanman soal UN dan LJUN tentunya aman. Tak hanya itu, kita akan selalu melakukan pemantauan intesnif terkait soal ini. Untuk pengitungan jumlah soal juga akan dilakukan sebaik mungkin. Tujuannya, ketika nanti ada hal yang tak diinginkan maka bisa segera diatasi dengan cepat. Untuk hal ini kita mengikuti apa yang diinstruksi dari Pemerintah Pusat,” pungkas Widodo. #rio

x

Jangan Lewatkan

Pemira UIN Memanas, Puluhan Mahasiswa Geruduk Gedung Rektorat

Palembang, BP– Jelang pergantian kursi kepemimpinan Dema UIN Raden Fatah Palembang masa bakti 2017-2018, dinamika politik pun semakin memanas. Bahkan, ...