Home / Palembang / Hari Ini, KA Kertalaya Beroperasi

Hari Ini, KA Kertalaya Beroperasi

Palembang, BP

Kereta Api (KA) Kertapati-Inderalaya (Kertalaya) bagi mahasiswa Universitas Sriwijaya (Unsri) mulai dioperasikan hari ini 1 April. KA tersebut beroperasi berdasarkan kalander akademik.

Senior Manager Komersil PT KAI Divisi Regional  III Odang Bakti mengatakan, berdasarkan pertemuan dengan Dinas Perhubungan Provinsi (Dishub) Provinsi, Unsri, dan PT KAI telah disepakati KA Kertalaya beroperasi pada 1 April. “Pengoperasian Kereta Kertalaya sudah melalui pengujian dan uji berkala. Jadi PT KAI akan mengoperasikan kereta Kertalaya mulai 1 April,” katanya.

Pengoperasian KA tersebut,  sambung dia, hanya pada Senin sampai Jumat. Sedangkan Sabtu, Minggu, libur nasional dan libur akademik tidak beroperasi.”Jadi pengopersiannya mengacu pada kelender akademik Unsri,” jelasnya.

Mengenai frekuensi pengoperasian, lanjut Odang, dilakukan dua kali sehari yakni dari stasiun Kertapati pada pukul 07.30 WIB dan 09.15 WIB. Sedangkan dari stasiun Indralaya pukul 08.19 WIB dan 14.18 WIB. “Untuk tarif per penumpang adalah Rp2.500 per penumpang. Tiket  disiapkan PT KAI,” katanya.

Lebih lanjut, dia menerangkan, skema pengoperasionalan kereta api Kertalaya, adalah Unsri menyediakan empat bus untuk mahasiswa dari stasiun Inderalaya ke kampus Unsri. Begitupula sebaliknya, Unsri juga menyediakan bus dari kampus Unsri ke stasiun Indralaya. “Mahasiswa yang menggunakan bus tersebut tidak dipungut biaya alias gratis,” jelasnya.

Untuk tarif parkir mahasiswa Unsri di stasiun Kertapati, Rp1.000 per hari. “Jadi seharian motor yang diparkir tarifnya Rp1.000. Kita berharap mahasiswa dapat memanfaatkan kereta api ini,” imbuhnya.

Sementara Pembantu Rektor (PR) III Unsri dr Syarif Husin MS mengatakan, kepastian pengoperasian ini pun segera diumumkan pihaknya ke seluruh civitas akademika di Unsri melalui surat edaran yang saat ini sedang disiapkan. Menurutnya, surat edaran ini akan dibagikan ke seluruh fakultas di Unsri dan diimbau khususnya mahasiswa untuk memanfaatkan transportasi ini semaksimal mungkin.

“Kami juga mohon bantuan media untuk menyosialisasikan pengoperasian kereta api Kertalaya ini. Menurut kami, pengoperasian kereta ini dapat mengurangi permasalahan kemacetan yang menjadi masalah klasik selama ini,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk mempermudah mahasiswa yang dari dan ke stasiun di Inderalaya, pihak Unsri menyiapkan empat bus khusus secara gratis. Bus ini mulai mengangkut penumpang kereta Kertalaya yang berangkat dari stasiun Kertapati pukul 07.30 dan tiba di stasiun Inderalaya pukul 08.00 untuk menuju kampus Unsri.
Sedangkan, untuk mahasiswa yang akan pulang ke Palembang menggunakan kereta pukul 14.15 akan dilayani bus ini pukul 13.00-13.45.

Bus akan berhenti pada beberapa titik di dalam lingkungan kampus, yaitu berangkat dari terminal kampus menuju Fakultas Ekonomi-FISIP-Perpustakaan-Lembaga Bahasa-Auditorium-Poliklinik-Stasiun KA Inderalaya. “Kita minta mahasiswa yang akan pulang ke Palembang menggunakan kereta untuk stand by pada pukul dan titik berhenti bus yang sudah kami tentukan, sehingga tidak akan ketinggalan,” katanya. #pit

x

Jangan Lewatkan

Pastikan Jokowi Hadiri Gotong Royong 10 November

Palembang, BP — Kegiatan pencetakan Museum Rekor Indonesia (Muri) gotong royong dengan peserta terbanyak, sudah mendapatkan lampu hijau dari Presiden Rebuplik ...