Home / Sumsel / Pagaralam / Keinginan Warga Untuk Merantau Masih Tinggi

Keinginan Warga Untuk Merantau Masih Tinggi

Pagaralam, BP

Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Pagaralam, mencatat sedikitnya 43 Pencari Kerja (Pencaker) yang memanfaatkan Bursa Kerja Online (BKOL), merupakan sebuah sistem bagi Pencaker yang diberlakukan secara nasional dengan demikian artinya masih banyak warga Pagaralam yang hendak bekerja di luar daerah atau merantau.

”Hingga memasuki pertengahan Maret 2014, kita baru mencatat sedikitnya 43 Pencaker yang memanfaatkan sistem BKOL, karena masih banyak Pencaker yang ingin mencari pekerjaan di luar daerah,” ungkapnya.

Menurutnya, sejak diterapkannya sistem BKOL beberapa tahun lalu, Pencaker yang datang mengurus kartu Pencaker tipe lama, semuanya diarahkan untuk mengurus kartu Pencaker kerja lewat sistem BKOL, karena sistem BKOL tersebut selain mampu menyimpan data Pencaker secara baik, bisa juga memberikan kemudahan bagi Pencaker dalam mengakses ketersediaan lapangan kerja lewat bursa kerja online tersebut.

”Sejauh ini pula belum ada lonjakan yang berarti dari para Pencaker yang ingin membuat kartu kuning Pencaker, dimana biasanya mulai ramai bila ada suatu penerimaan CPNS, ataupun perusahaan-perusahaan besar membuka lowongan pekerjaan,” terangnya seraya mengatakan untuk saat ini memang Pencaker yang ingin membuat kartu kuning relatif sedikit. Paling ada satu hingga dua orang dalam sehari, akan tetapi bila ada bukaan lowongan pekerjaan seharinya, dapat mencapai 30 orang keatas, seperti pada penerimaan CPNS tahun 2013 lalu angka Pencaker mencapai 1.28 orang.

Lebih jauh Nur Baiti mengatakan bagi Pencaker ingin mtengetahui pembukaan lowongan kerja, dapat mengklik www.infokerja.depnakertrans.go.id. Tentunya untuk membantu masyarakat nantinya sistem BKOL ini akan terus disosialisasikan sehingga mereka dapat memanfaatkan dengan baik sistem ini, tambahnya. #dar

 

x

Jangan Lewatkan

Jembatan Endikat Jebol, Pagaralam Terancam Terisolir

Pagaralam, BP — Jembatan Endikat yang terletak di Jalan Negara tepatnya di perbatasan Kabupaten Lahat dengan Kota Pagaralam terancam jebol. ...