Home / Pendidikan / LPMP Hanya Pantau UN SMP

LPMP Hanya Pantau UN SMP

Palembang, BP

Pengawas UN tingkat SMP dilakukan LPMP sedangkan tingkat SMA dilakukan perguruan tinggi (PT).

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) berdasarkan Prosedur Operasional Sekolah (POS)  hanya memantau dan mensupport ujian nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat. Sementara tingkat SMA/sederajat dilakukan sepenuhnya oleh perguruan tinggi (PT), karena hasilnya nanti akan digunakan untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN).

“Dalam kegiatan UN tahun ini LPMP akan difungsikan. Tetapi LPMP hanya akan menjalin koordinasi agar pelaksanaan UN lebih baik, sehingga yang kita hanya sebagai fungsi koordinasi dan mensupport kegiatan UN saja, lebih untuk UN SMP, kalau SMA dari PT,” ujar Kepala LPMP Sumsel Yaswardi, Senin (24/3).

Menurutnya, apalagi dengan jumlah personel yang tidak banyak nantinya setiap kabupaten/kota pihaknya akan memfungsikan dua pengawas. Mereka yang akan mengawas dipilih yang sudah memiliki pengalaman.

“Jadi tugas kita (LPMP-red) dalam pelaksanaan UN, lebih banyak melakukan koordinasi di Kabupaten/Kota saja. Kita juga akan menurunkan mereka yang benar-benar mampu berkomunikasi secara baik, sehingga hal apa saja yang dikhawatirkan bisa dikurangi dengan keterlibatan LPMP,” pungkas dia.

Ketika disinggung mengenai anggaran yang digunakan untuk keterlibatan LPMP sebagai pengawas dalam UN 2014, pihaknya menggunakan anggaran sendiri yakni, anggaran LPMP yang memang terbatas. Untuk itu, ia menegaskan pihaknya siap untuk mensupport pelaksanaan UN 2014.

Sementara, UN 2014 tingkat SMA/MA/SMK, SMALB dan Paket C akan diselenggarakan 14-16 April mendatang. Sedangkan, untuk jenjang SMP/MTs/SMPLB serta Paket B akan dimulai 5-8 Mei mendatang. #rio

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DR Sunda Ariana Resmi Jadi Rektor Universitas Bina Darma

Palembang, BP — Setelah rektor sebelumnya Prof. Ir. H. Bochari Rachman, M.Sc wafat belum lama ini, Dr. Sunda Ariana M.Pd. ...