Home / Pendidikan / Jumlah Pengawas UN Belum Ditetapkan

Jumlah Pengawas UN Belum Ditetapkan

Palembang, BP

Pihak panitia Universitas Sriwijaya (Unsri). belum menetapkan jumlah yang diperlukan untuk mengawasi Ujian Nasional (UN) 2014 tingkat SMA di Sumatera Selatan (Sumsel) yang akan diselenggarakan 14-16 April mendatang. Meski demikian pendaftaran pengawas yang melibatkan dosen dari Perguruan Tinggi (PT) sudah dimulai.

Hal itu disampaikan, Ketua Panitia Pengawas UN 2014 Prof Zulkifli Dahlan MSi DEA, Senin (24/3). Ia mengatakan, pihak panitia masih menunggu Prosedur Operasional Standar (POS) dari pihak pusat untuk menetapkan total pengawas yang diperlukan di setiap provinsi.

“Untuk pendaftaran sudah dimulai, tetapi mengenai jumlah pengawas yang dibutuhkan kami masih menunggu ketentuan dari panitia pengawas pusat. Kita menunggu kabar dari pusat ditentukan berapa kebutuhan pengawas yang diperlukan di setiap provinsi,” katanya.

Jika berdasarkan kebutuhan, Sumsel tahun lalu membutuhkan sebanyak 1.800 pengawas yang akan ditempatkan di 17 Kabupaten/Kota. Sedangkan jumlah pengawas satuan pendidikan berbeda dengan UN tahun lalu yang hanya satu orang pengawas setiap satuan pendidikan.

“Tahun ini jumlah pengawas satuan pendidikan dari PT dan LPMP sudah ditentukan dari jumlah ruang kelas. Misalnya di sekolah terdapat jumlah ruang UN-nya satu sampai empat ruang terdapat satu orang saja. Kalau lima sampai sepuluh ruang UN akan ada dua orang. Dan jika lebih dari sepuluh ruang UN, diawasi sebanyak tiga orang,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, untuk persyaratan dosen yang ingin menjadi pengawas harus memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN). Selain itu, mereka juga harus bersedia ditempatkan di Kabupaten/Kota di Sumsel selama pelaksanaan UN berlangsung.

“Akhir Maret seleksi pengawas sudah dilakukan, pengawas yang dilibatkan tidak hanya dari dosen Unsri saja, kami juga mengharapkan partisipasi dosen PTS (Perguruan Tinggi Swasta-red) untuk ikut serta menjadi pengawas UN,” pungkasnya.

Ia mengingatkan, pengawas yang terlibat untuk mengawasi pelaksanaan UN nantinya harus jujur dan tidak mencoba untuk melakukan hal yang melanggar aturan. Sehingga pengawasan tahun ini sangat ketat, apabila ada pengawas yang mencoba melakukan kecurangan maka akan dikenakan sanksi pidana. #rio

x

Jangan Lewatkan

Mantan Rektor PGRI Nahkodai IKP Disdik Sumsel

Palembang, BP— Setelah melalui musyawarah yang tak begitu rumit, akhirnya Dr Syarwani Ahmad MPd secara resmi menahkodai Ikatan Keluarga Purnabakti ...