Home / Sumsel / Pagaralam / Curah Hujan Tinggi, Jalan Amblas

Curah Hujan Tinggi, Jalan Amblas

Pagaralam, BP

Dinding penahan jalan amblas sekitar 100 meter. Tak pelak, lantaran kondisi yang demikian jalan yang ada membahayakan pengguna jalan. Jika tak kunjung diperbaiki kerusakan jalan akan terus bertambah seiring masih tingginya curah hujan hingga akhir Maret 2014 ini.

Tingginya intensitas hujan yang melanda Kota Pagaralam akhir-akhir ini, berdampak pada labilnya tanah, salah satunya ditepi jalan raya di wilayah Dusun Keban Agung, Kelurahan Ulu Rurah, Kecamatan Pagaralam Selatan.

Ketua RW 02, Dusun Keban Agung, Safrawi mengungkapkan, amblasnya dinding penahan jalan tersebut sudah terjadi sejak beberpa hari lalu, namun karena tidak adanya upaya perbaikan kerusakan terus bertambah hingga mengakibatkan badan jalan tidak aman dilalui kendaraan. Terutama jika saat berlintasan, kendaraan harus bergantian dan ekstra hati-hati.

“Jalan yang amblas ini, dikarenakan dinding fondasi jalan yang sudah tidak mampu lagi menahan gerusan tanah, karena tingginya curah hujan yang menggenangi badan jalan hingga tumpah ke tepi jalan, hal ini terjadi akibat dari Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) yang tidak berfungsi secara baik,”ungkapnya

Menurutnya,  kerusakan fondasi yang amblas dan badan jalan rusak, tidak lain disebabkan tidak berfungsinya SPAL secara baik, sehingga air terus menggenang dan mengaliri jalan. “Kita berharap Pemerintah Kota (Pemko) Pagaralam, cepat tanggap memperbaiki kondisi kerusakan pondasi dan jalan ini. Pasalnya jika tidak segera diperbaiki kerusakan akan terus bertambah, selain itu dengan diperbaiki jalan tersebut warga maupun pengguna jalan bisa dengan leluasa berlalu lintas di jalan ini,” harapnya.

Camat Pagaralam Selatan, M. Helmi didampingi Lurah Ulu Rurah Dadang Kurnia Jaya mengatakan, sejauh ini pihaknya telah telah menerima adanya keluhan warga terkait kerusakan fondasi dan badan jalan di Dusun Keban Agung. Untuk itu sebagai upaya penanggulangan pihaknya akan segera melaporkannya ke Dinas PU untuk segera dilakukan perbaikan. “Kita akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait untuk segera dilakukan perbaikan dan untuk sementara ini kita menghimbau kepada pengguna jalan untuk tetap berhati-hati jika melintas didaerah tersebut,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Kota Pagaralam H Sunarto, melalui Kabid Bina Marga, Teddy mengungkapkan pihaknya akan segera menerjunkan tim untuk melakukan pendataan kerusakan yang ada sehingga dapat segera dilakukan perbaikan. “Kita akan segera melakukan pengecekan kelapangan untuk melakukan pendataan,” katanya. #dar

 

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Jembatan Endikat Jebol, Pagaralam Terancam Terisolir

Pagaralam, BP — Jembatan Endikat yang terletak di Jalan Negara tepatnya di perbatasan Kabupaten Lahat dengan Kota Pagaralam terancam jebol. ...