Home / Pendidikan / Unpad Sisihkan Unsri Dalam Kompetisi Debat Konstitusi Mahasiswa

Unpad Sisihkan Unsri Dalam Kompetisi Debat Konstitusi Mahasiswa

Palembang, BP

Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung berhasil meraih juara pertama, setelah berhasil menyisihkan tuan rumah Kompetisi Debat Konstitusi Mahasiswa antar Perguruan Tinggi (PT) se-Indonesia tahun 2014 regional barat, Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang. di Aula Program Pascasarjana Unsri Bukit, Senin (24/3).

Dosen Pendamping dari Mahasiswa Unpad Bilal Dewansyah SH MH, menceritakan awalnya mereka mendapatkan info ini cukup mendadak mengenai kompetisi debat konstitusi yaitu akhir Februari lalu. Dengan persiapan singkat, namun mereka tetap berusaha maksimal dalam mengikuti kompetisi tersebut.

“Alhamdulillah kita (Unpad-red) bisa menjadi juara 1 pada kompetisi ini. Ini bukan perkara mudah untuk mahasiswa kita bersaing dengan beberapa PT yang sudah teruji. Apalagi bertemu Unsri sebagai tuan rumah di babak final,” ujarnya.

Ditambahkan dia, strategi yang dilakukan hanya melakukan apa yang masih kurang dan diperbaiki. Selain itu juga, secara rutin melakukan diskusi dengan mahasiswa untuk melatih sebelum kompetisi debat ini.

Pasalnya, dengan diskusi secara intens, tiga mahasiswa Unpad yakni Muhammad Adnan Yazar, Aisyah Ramadhania dan Ilham Magribi saat final berada di grup pro melawan Unsri yang berada di grup kontra dengan lancar melempar statement masing-masing.

“Kita cukup berdiskusi satu sama lain, bahkan latihan yang verbalnya hanya di hari terakhir. Setelah itu mereka riset. Nah, pertemuan terakhir mahasiswa Unpad dengan mahasiswa Unsri pada debat yang sama sejak dua tahun yang lalu, kita ketemu di semi final tetapi. Dan sekarang di final. Jadi sudah terbiasa berdebat dengan anak Palembang,” jelasnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum (FH) Unsri Prof Amzhulian Rifai PhD mengatakan, debat kali ini melibatkan beberapa 24 PT, di antaranya; Universitas Tirtayasa, Universitas Islam Negeri Yogyakarta, IAIN Banda Aceh, Universitas Pelita Harapan, Universitas Muhammadiyah Palembang, ITB, IPB, Unsri, Universitas Riau, IAIN Raden Fatah Palembang, Universitas Sumatera Utara dan lainnya.

“Hari ini (kemarin-red) ada empat PT yang masuk ke semi final, yaitu Unsiah, Unsri, Usu dan Unpad. Selain itu, PT yang juga lolos ke Jakarta berasal dari Universitas Bengkulu sebagai juara kelima dan Universitas Andalas sebagai juara keenam,” tuturnya. #rio

x

Jangan Lewatkan

46 Mahasiswa Fakultas Adab UIN Sandang Gelar Baru

Palembang, BP— Setelah menjalani studi yang cukup panjang, akhirnya sebanyak 46 mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora (FAHUM) Universitas Islam Negeri ...