Home / Sumsel / Muratara / Muratara Bakal Jadi Lumbung Beras Sumsel

Muratara Bakal Jadi Lumbung Beras Sumsel

Muratara, BP

Sekretaris Daerah (Sekda), Pemerinta Kabupaten (Pemkab) Muratara H M Isa Sigit menegaskan, Pemkab Muratara akan membangun irigasi di desa Sungai Baung Kecamatan Rawas Ulu, yang akan mencetak 400 ribu sawah dan menjadikan Kabupaten Muratara siap menjadi lumbung beras se Sumatera Selatan.

“Jika irigasi tersebut telah terwujud maka bisa mencetak 40ribu sawah. Berarti kedepannya Muratara siap menjadi lumbung beras Sumsel,” katanya.

Menurutnya, pihaknya beserta pejabat Bappeda Provinsi, Bapenas, dan Menteri Pemborong Umum, telah melakukan peninjauan lokasi pembangunan irigasi tersebut. Sedangkan sekarang masih melakukan proses pembebasan lahan milik warga dan pembuatan perancangan pembangunan.

“Pada tahun 2015 nanti akan dibangun  melalui Anggaran Pendapatan belanja Negara (APBN), APBP dan APBD. Sedangkan untuk nominal dana pembangunan tersebut belum diketahui,” jelasnya.

Ia menjelaskan, pembangunan irigasi dengan lebar sekitar 200 meter untuk mencukupi pengairan 40 ribu hektar sawah yang akan di bangun.  Masyarakat sangat merindukan pembangunan irigasi tersebut karena bisa menyerap lapangan tenaga kerja.

“Irigasi tersebut merupakan multi fungsi, seperti pengairan Irigasi, persawahan, perikanan, pariwisata serta pencegahan banjir,” ujarnya.

Terpisah, salah seorang petani Paijo (37), warga desa Sungai Baung Kecamatan Rawas Ulu mengatakan siap mendukung program Pemkab Muratara karena program ini sangat positif.

“Jika irigasi terbangun maka lapangan pekerjaan untuk masyarakat khususnya Muratara akan terbuka lebar,” pungkasnya. #wan

x

Jangan Lewatkan

Dua Bakades Tak Ikut Pilkades Serentak

Muratara, BP Dua bakal calon kepala desa (bacakades) dipastikan tidak akan mengikuti pesta demokrasi tingkat desa. Ini disebabkan, satu orang ...