Home / Pendidikan / Jaring Siswa & Guru Berprestasi

Jaring Siswa & Guru Berprestasi

Palembang, BP

Sebanyak 148 siswa dan guru Sekolah Dasar (SD) negeri maupun swasta mengikuti kompetisi sains se-Kecamatan Sukarami. Ajang yang bertujuan untuk menjaring siswa dan guru berprestasi yang ada di tiap sekolah, khususnya tingkat SD.

“Saat ini sangat minim kompetisi sains khusus tingkat SD. Padahal, siswa dan guru SD banyak yang menyukai pelajaran sains. Untuk itu, melalui kegiatan ini diharapkan bisa memotivasi siswa dan guru belajar tentang sains,” ujar Ketua Panitia Pelaksana Drs Samsudana, di SD Negeri 149 Palembang, Senin (24/3).

Ditambahkan dia, siswa dan guru yang mengikuti kompetisi sains sebelumnya adalah mereka yang sudah dipilih dari tiap sekolah. Untuk itu, kriteria peserta yang mengikuti kompetisi sains harus memiliki prestasi di sekolah dan pernah menjuarai kompetisi sains baru dapat mengikuti kompetisi sains ini.

Ia juga mengatakan, kompetisi sains siswa dan guru berprestasi se-Kecamatan Sukarami yang sebelumnya dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang Ahmad Zulinto SPd MM, akan berlangsung selama tiga hari (24-26 Maret). Kemudian akan dipilih enam juara untuk kategori siswa dan satu kategori guru.

“Adapun bidang studi sains yang diperlombakan yaitu Matematika dan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam-red). Nah, bagi guru dan siswa yang akan terpilih menjadi juara akan mengikuti kompetisi tingkat kota yang akan dilaksanakan pada 12 April mendatang,” kata dia.

Setelah terpilih juara tingkat kecamatan Sukarami, pihaknya akan menekankan pembinaan terhadap siswa dan guru yang akan mewakili untuk mengikuti kompetisi tingkat Kota Palembang. Untuk itu, pihak UPTD Sukarami akan menyiapkan waktu dua hari dalam satu minggu untuk melatih siswa dan guru yang terpilih menjadi juara.

Sementara itu, Kepala SD Negeri 130 Palembang Rafidah Salim SPd MM, yang ikut berpartisipasi pada kompetisi sains tersebut menambahkan, sekolahnya mengirimkan enam siswa dan satu guru. Sebelumnya SD Negeri 130 Palembang pernah menjuarai kompetisi tingkat Kecamatan Sukarami.

“Kami berharap tahun ini mendapat juara lagi. Sehingga, sekolah kita nantinya bisa ikut kembali untuk mewakili kompetisi ke tingkat selanjutnya, yaitu tingkat kota,” harapnya. #rio

x

Jangan Lewatkan

Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Stebis IGM Gandeng UIN

Palembang, BP— Meskipun baru berusia empat tahun, namun Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (Stebis) IGM Palembang terus melakukan akselerasi terobosan ...