Home / Pendidikan / Tentukan Lokasi SMA Terbuka

Tentukan Lokasi SMA Terbuka

Palembang, BP

Berdasarkan hasil Rembuk Nasional pada awal Maret lalu, setiap daerah diimbau untuk membuka SMA terbuka. Saat ini diupayakan penentuan lokasi dibukanya SMA terbuka ini.

Demikian dikatakan Kepala Bidang SMP/SMA/SMK Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang Drs H Lukman Haris MSi, Kamis (20/3).

Ia mengatakan, Angka Partisipasi Kasar (APK) terus digenjot oleh pemerintah pusat, khususnya untuk anak usia sekolah menengah yang hingga saat ini baru 76,01 persen secara nasional. Di Palembang sendiri, meski APK untuk jenjang SMA sederajat sudah mencapai 90 persen.

Pihaknya masih mendata sekolah yang cocok untuk dibuka SMA terbuka. Pendataan ini dilakukan untuk mengetahui seberapa siap sekolah tersebut dijadikan SMA terbuka, serta mendapatkan jumlah siswa yang dapat bergabung di sekolah tersebut.

“Kita sedang mendata, sekolah terbuka biasanya dibutuhkan di daerah agak pinggiran. Jika di tengah kota biasanya sudah cukup baik partisipasi masyarakatnya untuk bersekolah,” ujarnya, di sela-sela sosialisasi Ujian Nasional (UN), di SMA Plus Negeri 17 Palembang.

Beberapa SMA yang kemungkinan akan dibuka kelas terbuka, diantaranya SMA Negeri 9, SMA Negeri 16, SMA Negeri 20, serta SMA Negeri 21. Namun, sekolah ini masih bisa bertambah jumlahnya sesuai dengan hasil pendataan dan sesuai kebutuhan.

“Jadi SMA terbuka ini diperuntukkan untuk lulusan SMP yang tidak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya karena alasan ekonomi, DO (drop out-red) atau sudah bekerja. Sehingga latar belakang siswa yang bisa menjadi siswa di SMA terbuka bisa karena berbagai hal. Seperti ada beberapa anak yang mau bersekolah, tetapi karena harus bekerja mendukung ekonomi keluarga menjadi tidak bisa melanjutkan,” jelasnya.

Jam belajar di sekolah terbuka, memang disesuaikan dengan jadwal siswa. Sehingga diharapkan tidak mengganggu kegiatan mereka di samping sekolah. Meski sudah memulai pendataan dan penentuan lokasi SMA, dirinya belum bisa memastikan apakah SMA terbuka akan dimulai tahun ajaran baru mendatang.

“Tentunya kita masih menunggu edaran resmi dari pusat untuk membuka sekolah ini. Jika memang kita menerima surat edaran, maka Juli nanti akan segera kita buka,” tuturnya.

Ia juga mengatakan, sebelumnya untuk jenjang SMP program sekolah terbuka sudah dibuka di enam SMP negeri di Kota Palembang. Keenam sekolah ini, yaitu SMP Negeri 12, SMP Negeri 26, SMP Negeri 27, SMP Negeri 36, SMP Negeri 40 dan SMP Negeri 41 yang diikuti oleh siswa putus sekolah yang berada di sekitar wilayah sekolah tersebut. #rio

x

Jangan Lewatkan

Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan di KI Meriah

Palembang, BP–Women’s Crisis Centre (WCC) Palembang menggelar kampanye 16 hari Anti kekerasan Terhadap perempuan tahun 2017, di Kambang Iwak, Palembang, ...