Home / Sumsel / Ogan Komering Ulu / Wakil O2SN Tak Lagi Asal Tunjuk

Wakil O2SN Tak Lagi Asal Tunjuk

Baturaja, BP

Jika sebelumnya, seleksi peserta  Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), jenjang sekolah menengah ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) OKU, maka untuk tahun 2014 ini, sistem penyeleksian dilakukan ke semua sekolah tanpa terkecuali.

“Untuk tahun ini seleksi peserta O2SN kita lakukan ke seluruh sekolah. Artinya banyak siswa yang berkesempatan untuk ikut mewakili OKU pada tingkat Provinsi” ujar Kepala Diknas OKU, Drs Mahyudin Helmi melalui panitia pelaksana, Zubaidah SPd saat ditemui, Rabu (19/3).

Dikatakannya, memang selama ini untuk peserta yang dikirim mewakili OKU adalah sekolah yang siap dan yang mempunyai prestasi sendiri dibidang olahraga.

“Dengan adanya seleksi langsung, tentu akan lebih memudahkan siswa untuk bersaing, selama ini kita asal tunjuk saja karena untuk melakukan seleksi langsung itu tak ada dananya dari pusat, sekarang bersyukur sudah ada,” katanya.

Namun ditegaskannya, walaupun selama ini hanya asal tunjuk, namun Disdik menunjuk sekolah ataupun siswa untuk wakili OKU ke tingkat, selanjutnya adalah yang telah terbukti kemampuannya dan prestasinya.

Masih kata Zubaidah, beberapa cabang yang dilombakan yakni altetik, karate, pencak silat, tenis meja, bulu tangkis, catur , volly, basket, dan futsal. “Pelaksanaan sembilan cabang itu akan dilaksanakan 19  sampai 20 April mendatang, sedangkan untuk pendaftaran sendiri sudah kita tutup sejak Selasa (18/3) lalu” jelasnya.

Sesuai instruksi dari pusat, kata Zubaidah, syarat sekolah yang mengirimkan siswa untuk seleksi ialah Peserta SMA/SMK duduk di kelas kelas X dan XI usia tidak lebih dari 18 tahun atau kelahiran 1 Januari 1996 dan masih bersetatus siswa SMA pada saat mengikuti lomba.

Selain itu, peserta juga harus melengkapi syarat fotocopy STTB SMP, fotocopy buku rapor SMA dan fotocopy akta kelahiran. “Kelahiran tahun 1996 dan kelas X dan XI. Sesuai aturan, usia peserta tidak lebih dari 18 tahun saat ikut,” tegasnya.

Acara ini sendiri akan diadakan dibeberapa tempat Gedung Olahraga, termasuk di stadion Kemiling, namun Pembukaannya akan dipusatkan di kantor Disdik OKU. #her

x

Jangan Lewatkan

Pemira UIN Memanas, Puluhan Mahasiswa Geruduk Gedung Rektorat

Palembang, BP– Jelang pergantian kursi kepemimpinan Dema UIN Raden Fatah Palembang masa bakti 2017-2018, dinamika politik pun semakin memanas. Bahkan, ...