Home / Pendidikan / Terapkan Kuliah Jarak Jauh

Terapkan Kuliah Jarak Jauh

Palembang, BP

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sriwijaya (Unsri) menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh atau teleconference. Sistem tersebut untuk memfasilitasi proses pembelajaran yang selama ini kerap dibatalkan, pasalnya dosen berhalangan hadir.

Demikian dikatakan Dekan FK Unsri Dr dr M Zulkarnain MMed Sc PKK, Rabu (19/3). Ia mengatakan, sistem tersebut hadir di empat ruang kelas yang berada di Gedung FK Unsri yang baru saja diresmikan. Sehingga, dosen yang mengajar juga banyak dari dosen tamu. Pada saat para dosen ini tidak bisa hadir dapat mengajar menggunakan laptop yang didukung webcam dan internet.

“Jadi misalnya ada jadwal dosen mengajar, tetapi saat bersamaan ia harus melakukan pembedahan. Dosen tersebut dapat mengajar mahasiswa meski sedang berada di rumah sakit dengan sistem teleconference ini,” ujarnya, usai Peresmian Gedung Kuliah FK Unsri, di Jalan Madang Palembang.

Dengan adanya kelas teleconference ini, mahasiswa juga dapat belajar langsung dari FK di negara lain, sehingga dapat lebih cepat menerima informasi terbaru di bidang kedokteran. Untuk itu, sebelumnya harus membuat memorandum of understandıng (MoU) dengan negara lain, baru bisa mendapat akses untuk belajar langsung dari FK di negara lain.

Ia juga mengatakan, gedung baru dengan delapan ruangan ini untuk tiap kelas dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti laptop, LCD, serta koneksi internet dengan kecepatan baik. Kelas tersebut memiliki kapasitas besar yang bisa menampung sekitar 230 mahasiswa.

Selain itu, kampusnya telah memiliki gedung laboratorium biomolekuler untuk mahasiswa S2 biomedik dan para dosen yang dilengkapai alat-alat yang canggih. Laboratorium tersebut dapat dimanfaatkan untuk penelitian dosen-dosen kedokteran, seperti meneliti obat dan cek DNA.

“Namun, saat ini laboratorium tersebut sedang dalam proses akreditasi agar diakui. Kalau sudah diakreditasi saat mereka periksa disini dan saat hasilnya dibawa ke Singapura hasil yang diperiksa disini dapat diakui di Singapura, sehingga tidak perlu lagi untuk melakukan pemeriksaan kembali,” pungkasnya. #rio

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Jurus Jitu Menulis Bareng BungFK

Palembang, BP Tak bisa dipungkiri, fenomena literasi saat ini membuktikan bahwa minat menulis di tataran generasi muda terutama mahasiswa belakangan ...