Home / Sumsel / Muaraenim / Pengelolaan Informasi Harus Akurat dan Kredibel

Pengelolaan Informasi Harus Akurat dan Kredibel

Muaraenim, BP

Sebagai corong informasi publik, humas pemerintah harus mempunyai sistem pengelolaan informasi yang baik, akurat dan kredibel untuk menunjang aktifitas komunikasi publik.

Demikian diungkapkan  Sekretaris Daerah Pemkab Muaraenim, H Taufik Rahman SH, ketika membuka acara pelatihan kehumasan yang diselenggarakan oleh Kantor Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Muaraenim, Selasa (18/3), di Hotel Griya Sintesa.

Menurut Taufik, jajaran kehumasan agar memberikan informasi  yang tepat  dan benar  kepada masyarakat sesuai dengan visi dan misi  pemerintah Kabupaten Muaraenim Untuk mewujudkan Muaraenim Sehat Mandiri Agamis  dan Sejahtera.

“Untuk menjalankan peran  dan fungsi ini maka perlu diselenggarakan pelatihan teknik kehumasan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi di bidang kehumasan yang memiliki kemampuan teknis penggunaan teknologi informasi,” terang Taufik.

Saat ini kata Taufik, perkembangan media masa sangat signifikan. Banyak media cetak dan elektronik serta portal internet yang bermunculan baik di pusat maupun di daerah. “Media ini membicarakan hak publik serta menyuarakan suara hati masyarakat. Untuk menyikapi semua ini, bagaimanapun Humas pemerintah harus tampil sebagai pembina pers tersebut dan dapat menyeimbangkan informasi kepada masyarakat,” jelasnya.

Diakui Taufik,  kadang kala  masyarakat cenderung menjadikan topik utama pemberitaan media masa untuk menjadi bahan pembicaraan sehari-hari.

“Oleh sebab itu, diperlukan sistem serta pengawasan kehumasan yang baik dan benar, sehingga pesan yang disampaikan kepada masyarakat tidak menimbulkan tafsir yang salah, terutama menyangkut kinerja pemerintah,” ungkap Taufik.

Dalam kondisi ini, humas pemerintah harus muncul memberikan klarifikasi dengan memberikan informasi yang tepat, akurat serta berimbang baik dan benar kepada masyarakat luas,” sebutnya.

Sehingga,  energi masyarakat tidak terkuras untuk membincangkan hal-hal yang cenderung memojokkan pemerintah. Demikian sebaliknya, informasi dari humas mesti menjadi penyejuk sekaligus memberikan motifasi hidup optimis kepada rakyat, hingga ketenteraman masyarakat dapat terwujud.

Sementara Kepala Kantor  Kominfo Muaraenim H Jumhari Yunus SH mengatakan, pelatihan ini diikuti 100 orang peserta dari BUMN, BUMD, BUMS, Para kades dan Lurah, SKPD dan Insan Pers. Dengan narasumber dari KPU Provinsi, Bandiklat Provinsi Sumsel, Kominfo Muaraenim,  KPUD Muaraenim dan Panwaslu Muaraenim. #nur

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Bank Indonesia Lirik Kopi Semende

Muaraenim, BP—Bagi masyarakat Sumatera Selatan sebutan kopi Semende sudah tidak asing lagi karena kepopulerannya nyaris menyampai pempek Palembang yang telah ...