Home / Sumsel / Musirawas / Dinas Peternakan dan Perikanan Siapkan 3.000 Vaksin Rabies

Dinas Peternakan dan Perikanan Siapkan 3.000 Vaksin Rabies

Muarabeliti, BP

Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Musi Rawas (Mura) menyiapkan 3000 dosis vaksinasi obat penyakit rabies. Penyiapan obat tersebut dilakukan untuk mencegah masyarakat terserang penyakit rabies, walaupun di Mura belum ditemukan ada warga yang terserang penyakit tersebut.  Persiapan itu dilakukan untuk melaksanakan vaksinasi massal.

Menurut Kepala Disnakan Musi Rawas, Bambang Hariadi melalui Kabid Kesehatan Hewan Marzuki, dari tahun kemarin (2013), sampai sekarang (2014), pihaknya belum menemukan ataupun laporan dari warga yang terkena penyakit rabies, kendati begitu pihaknya tetap menyediakan obat rabies.

“Kita juga menyiapkan pos kesehatan hewan disamping  menyediakan 3ribu dosis. Dimana jika ada hewan terindikasi membawa penyakit rabies segera laporkan di pos kesehatan yang kami sediakan. Di Kecamatan Muara Lakitan, Simpang Semambang, Tugumulyo, Megang Sakti dan Perwodadi,” katanya.

Ia menjelaskan di pos tersebut pihaknya siapkan petugas yang akan meneruskan informasi jika ada hewan yang membawa rabies. Seperti tahun kemarin pihaknya menerima laporan dari warga yang tergigit hewan, setelah dilakukan pengecekan ternyata hanya gigitan dan tidak mengandung rabies.

“Hewan peliharaan  yang biasanya membawa penyakit rabies adalah Anjing, Kera dan Kucing. Saya himbau kepada masyarakat jika menemukan adanya indikasi terkena penyakit rabies segera melaporkan ke petugas kami, agar dilakukan tindakan supay tidak menyebar,” himbaunya.

Ditambahnya, pihaknya akan melakukan penyuntikan vaksin rebies secara massal kepada hewan peliharaan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.”Dengan adanya penyuntikan vaksin massal ini diharapkan tak ada korban gigitan hewan menyebarkan penyakit rabies,”paparnya.

Terpisah  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Mura mengatakan sangat mendukung adanya kegiatan yang akan diselenggarakan oleh pihak Disnakan guna mencegah penyakit yang membahayakan tersebut.

“Kita sangat mendukung adanya program-program seperti itu, kami berharap program tersebut bisa berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat. Segeralah diselenggarakan, lebih baik mencegah dari pada mengobati,” pungkasnya.  #wan

x

Jangan Lewatkan

Dishubkominfo Jamin Tak Ada Titik Macet

Muarabeliti, BP Pemerintah Kabupaten Musirawas (Mura) melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) menjamin tidak akan ada kemacetan untuk arus ...