Home / Pendidikan / SMPN 1 Menuju Adiwiyata Nasional

SMPN 1 Menuju Adiwiyata Nasional

Palembang, BP

SMP Negeri 1 Palembang berbenah menuju  Adiwiyata Nasional. Sebelumnya sekolah ini telah berhasil meraih predikat sekolah Adiwiyata Tingkat Palembang yang diberikan penghargaan oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Palembang, April 2013.

Seluruh siswa dan guru serta staf Tata Usaha (TU) melakukan kerja bakti membersihkan sekolah pada hari Sabtu. Kegiatan ini dilakukan setiap seminggu sekali. Tak hanya itu, sekolah ini juga memperbaiki taman dalam mempersiapkan dengan matang.

Kepala SMP Negeri 1 Palembang Devi Emilya MPd Devi, mengatakan berbagai upaya untuk meraih penghargaan Adiwiyata Nasional. Target ini tidak hanya melibatkan warga sekolah seperti siswa, guru dan staf TU. Namun, orangtua dan wali siswa pun turut serta mewujudkan melalui komite sekolah.

“Kegiatan berbenah ini diharapkan menjadi kebiasaan yang perlu dibudayakan, tidak hanya semata untuk mengikuti lomba saja,” ujarnya, ketika dibincangi BeritaPagi, Sabtu (15/3).

Pihaknya mempersiapkan melalui program pengoplosan penghijauan dan pembibitan, melaksanan Reuse Reduce Recycle (3R), bioponik. Pihaknya lebih memfokuskan pada 3R yang dikelolah oleh siswa. Mereka melakukannya dengan memisahkan antara sampah an-organik seperti plastik dan limbah organik seperti daun jagung.

“Jadi memanfaatkan sampah menjadi barang yang lebih ekonomis, sehingga kita memanfaatkan sampah agar tak terbuang percuma, dari sampah yang tak ada nilainya tapi ketika sudah dikelola memiliki nilai jual,” jelasnya.

Dijelaskannya, seperti keranjang buah terbuat dari minuman aqua gelas dan teh gelas bagian cup atas (yang dipotong bagian atas), kantung plastik berwarna dapat dijadikan hiasan bunga, limbah kayu dikelola menjadi miniatur Jembatan Ampera dan aqua cup bagian yang sudah dipotong bagian bawahnya dijadikan untuk tudung saji.

“Penjualannya sudah dilakukan namun masih dalam lingkungan sekolah saja, rencana juga akan ke luar tidak hanya di lingkungan sekolah. Tujuan utama dari Adiwiyata sebenarnya tidak sebatas penghargaan. Tetapi, dampaknya siswa dapat belajar mencintai lingkungan dan sadar untuk terus menjaga alam,” urainya.

Devi berharap, sekolahnya berhasil menjadi sekolah Adiwiyata Nasional dan kemudian akan menjadi sekolah Adiwiyata Mandiri. Siswa SMP Negeri 1 Palembang Bunga Luthfiyani mengaku, sangat senang dengan kondisi sekolahnya saat ini yang jauh lebih dari asri dibanding sebelumnya. Suasana belajar dirasakan lebih kondusif dan menciptakan semangat tersendiri. Kegiatan Sabtu Bersih pun dinilainya begitu menyenangkan yang diisinya dengan membersihkan lingkungan sekolah serta merawat taman di depan kelas masing-masing.

“Tidak merasa terbebani sama sekali, karena saya merasa keadaan jadi lebih bersih. Dengan kelas dan sekolah yang bersih, saya merasa jauh lebih semangat dalam belajar,” pungkas siswi cantik ini. #rio

x

Jangan Lewatkan

Lagi, Diksar Mahasiswa Memakan Korban

Palembang, BP– Musibah meninggalnya mahasiswa di Palembang akibat mengikuti Pendidikan Dasar (Diksar) kembali terjadi. Kali ini, menimpa Haris Faudy mahasiswa ...