Home / Sumsel / Ogan Komering Ulu / Distan OKU Subsidi Bibit Padi Hingga 75 Persen

Distan OKU Subsidi Bibit Padi Hingga 75 Persen

Baturaja, BP

Kabar gembira bagi para petani sawah yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Pasalnya, ditahun 2014 ini, Dinas Pertanian (Distan) OKU memberikan subsidi bibit padi kepada kelompok tani di bumi Sebimbing Sekundang hingga 75 persen.

“Kalau tidak disubsidi harga normal bibit padi perkilogramnya sebesar Rp 8.800, tetapi dengan program ini maka kelompok tani hanya membayar Rp 2.200 perkilogram atau disubsidi sekitar 75 persen untuk penebusan bibit padi bersubsidi” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Produksi Padi dan Palawija Dinas Pertanian, OKU, Joni Saihu saat di konfirmasi, Minggu (16/3).

Mengenai jenis bibit padi yang diberikan, tambah Joni, adalah bibit padi jenis Ciherang. Dimana dengan menggunakan bibit ini, dalam waktu tiga bulan petani sudah bisa memanen tanaman mereka.

Bibit padi bersubsidi ini, hanya diberikan kepada kelompok tani yang tergabung dalam kegiatan Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT).

“Program bibit padi bersubsidi hingga 75 persen ini khusus untuk kelompok tani. Hingga saat ini sudah sekitar 20 kelompok tani yang sudah mengajukan Daftar Ususal Pembelian Beni Bersupsidi (DUPBB),” ungkapnya.

Disinggung mengenai, jumlah kelompok tani yang tergabung dalam SLPTT, Joni menjelaskan, untuk padi sawah sebanyak 160 kelompok terdiri dari 4000 hektare lahan padi sawah yang tersebar di lima Kecamatan. Yakni, Kecamatan Ulu Ogan, Sinar Peninjauan, Pengandonan Semidang Aji dan Muarajaya.

Sementara untuk lahan kering, atau lahan padi ladang ada sekitar 40 kelompok tani, luas lahan sekitar 1000 hektare. “Perkelompok bisa menebus bibit padi bersubsidi sementara dibatasi. Masing-masing sebanyak 125 kilogram per kelompok. Baik itu untuk lahan padi sawah maupun lahan padi ladang. Bagi kelompok tani yang belum mendaftar kami persilakan mendaftar,” pungkasnya. #her

x

Jangan Lewatkan

Kesulitan Air Bersih, Napi Menjerit

Baturaja, BP Penghuni Rumah Tahanan Sarang Elang, Kelas II B Baturaja, mengeluhkan kurangnya pasokan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. ...