Home / Palembang / Bantuan Ponpes Ditingkatkan Rp20 Juta

Bantuan Ponpes Ditingkatkan Rp20 Juta

Palembang, BP

Jika tahun-tahun sebelumnya besaran bantuan terhadap pondok pesantren (ponpes) di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sebesar Rp18 juta/ponpes. Namun, di tahun 2014 ini, Pemprov Sumsel meningkatkan bantuan tersebut menjadi Rp20 juta/ponpes.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Provinsi Sumsel Richard Cahyadi mengatakan, peningkatan nominal bantuan tersebut menjadi Rp20 juta/ponpes diperuntukkan bagi operasional ponpes tersebut.

“Memang meningkat dari tahun-tahun sebelumnya, ini merupakan bentuk kepedulian dan perhatian Pemprov Sumsel terhadap perkembangan dan kemajuan ponpes dalam mensyiarkan agama Islam di Provinsi Sumsel,” kata Richard. Dikatakannya, bentuk bantuan seperti ini telah lama dilakukan oleh pemerintah Provinsi Sumsel.

“Saat ini jumlah ponpes yang ada di seluruh wilayah Sumsel yaitu lebih kurang 360 ponpes. Untuk mendapatkan bantuan ponpes ini harus memenuhi persyaratan yang ada yaitu ponpes harus terdaftar atau terdata di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumsel,” terangnya.

Ponpes tersebut juga harus memiliki santri dan santriwati serta mengajukan proposal permohonan bantuan kepada Pemerintah Provinsi Sumsel. “Jika ada ponpes yang mengajukan proposal permohonan bantuan namun tidak terdaftar atau terdata di Kanwil Kemenag Sumsel maka secara otomatis tidak akan mendapatkan bantuan dari Pemprov Sumsel, jadi benar-benar harus terdaftar terlebih dahulu,” beber Richard.

Richard menambahkan, untuk tahun ini, total anggaran dan bantuan ponpes yang disiapkan pihaknya turun dari tahun sebelumnya yaitu Rp6 miliar dan sekarang sebesar Rp5,4 miliar. Turunnya total anggaran dana bantuan ponpes ini karena jumlah ponpes yang mengajukan untuk mendapatkan bantuan juga mengalami penurunan.

“Kalau tahun sebelumnya sebanyak 327 ponpes yang mengajukan bantuan. Tahun ini angkanya turun cukup jauh yaitu sebanyak 270 ponpes yang baru mengajukan permohonan bantuan. Kita berharap pihak ponpes yang menerima bantuan ini dapat mempergunakannya dengan sebaik-baiknya demi kepentingan mensyiarkan agama Islam dan memberikan ajaran yang baik terhadap santri-santri di Sumsel,” katanya. #bel

x

Jangan Lewatkan

Kemplang Tunu Beromzet Puluhan Juta

Siapa tak kenal makanan lokal satu ini. Meski tidak setenar pempek, nyatanya kemplang tunu sudah lama ada dan digemari. Bahkan ...