Home / Sumsel / Ogan Komering Ulu / Pengangguran di OKU Diberi Pelatihan

Pengangguran di OKU Diberi Pelatihan

Baturaja, BP

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertran), Kabupaten Ogan Komering Ulu, (OKU) bakal memberikan pelatihan keterampilan kejuruan kerja kepada pemuda dan pemudi, baik tingkat SLTP maupun SLTA, yang putus sekolah.

” Pelatihan ini kita peruntukkan khusus anak-anak putus sekolah, baik di tingkat SLTP maupun SLTA. Pelatihan sendiri rencananya bakal kita gelar bulan April mendatang” ungkap Kepala Disnakertrans OKU, Hakim Makmun saat ditemui Kemarin (14/3).

Dikatakannya, dalam pelatihan tersebut ada delapan bidang pelatihan yang akan diberikan yakni, bidang menjahit, bidang administrasi bisnis, bidang otomotif, bidang tata rias. Kemudian, bidang elektronik, bidang las, bidang pertanian dan bidang listrik.

“Untuk pendaftaran sendiri sudah dibuka sejak awal bulan lalu hingga 22 maret mendatang. Bagi pelamar  yang berminat bisa memilih delapan bidang pelatihan yang diberikan sesuai dengan keinginan masing-masing” ujar Makmun.

Dalam pelatihan tersebut, lanjut Makmun, setiap peserta akan mendapatkan bimbingan selama 370 jam dengan pola pelatihan yang bakal diterapkan yakni 40 persen teori dan 60 persen praktik.

“Kegiatan ini akan dilakukan di Balai Latihan Kerja (BLK) Disnakertrans OKU. Dimana semua kelengkapan dan peralatan pelatihan disediakan oleh pemerintah,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut,  Makmun mengajak para pemuda putus sekolah untuk turut berpartisipasi mengikuti pelatihan tersebut dengan harapan bisa mengurangi angka pengangguran yang ada di Bumi Sebimbing Sekundang.

“Kami sengaja menggelar pelatihan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan bagi pemuda OKU putus sekolah. Sekaligus memberikan keahlian, sehingga bisa meminimalisir pengangguran di OKU,” pungkasnya. #her

x

Jangan Lewatkan

Pro Kontra Proyek Pabrik Semen, 2 Kubu Bentrok

Baturaja, BP Dua kelompok massa masing-masing dari Barisan Pemuda Lengkiti Bersatu (BPLB) dan Gerakan Rakyat dan Pemuda (Garda) Ogan Komering ...