Home / Sumsel / Ogan Komering Ulu / Obyek Wisata di OKU Terus Dikembangkan

Obyek Wisata di OKU Terus Dikembangkan

Baturaja, BP

Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Ogan Komering Ulu (OKU) terus mengembangkan obyek-obyek wisata alam yang ada di Bumi Sebimbing Sekundang.

Misalnya pengembangan fasilitas objek wisata di Gua Putri di Desa Padang Bindu, Kec Semidang Aji, dan fasilitas di obyek wisata Lesung Bintang di Desa Laya, Kecamatan Baturaja Barat guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di wilayah itu.

“Kami telah membuat tangga serta beberapa bangunan, di objek lesung bintang. Diantaranya pembersihan lahan, serta pembuatan empat shelter dan tangga menuju objek wisata lesung bintang,” kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) OKU, Aufa S Sarkomi, melalui Kabid Pariwisata, Yulia Mutiara Ssos didampingi Kasi Priomosi, Surya Wahyudi SE saat ditemui, Kamis (13/3).

Baca:  Tata Enam Bangunan Sekanak Kerihin

Dia menambahkan, dengan perbaikan tangga, diharapkan bisa mempermudah bagi pengunjung untuk sampai di puncak. Pihaknya juga sengaja melakukan pembersihan di kawasan wisata itu agar bisa memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

“Pembangunan fasilitas pendukung sendiri menelan dana sekitar ratusan juta. Pada 2014, rencananya kami buat talut atau penyangga tanah agar tidak amblas, terlebih lagi sekarang ini musim penghujan di kawasan itu rawan longsor,” katanya.

Dikatakannya, dengan dipercantiknya kawasan Lesung Bintang bisa menambah tempat wisata di dalam kota, sehingga masyarakat tidak kesulitan lagi mencari tempat berwisata alternatif.

Baca:  Majukan Pariwisata Di Sumsel

Sementara, keberadaan Lesung Bintang, menurut legenda dulunya digunakan masyarakat untuk menumbuk padi pada acara khusus.

Selain Lesung Bintang, di sekitar tempat tersebut juga terdapat tapak kaki sebelah kiri, sedangkan tapak kaki sebelah kanan ada di sekitar Goa Putri.

Di sana juga ada legendanya, juga ada peta Kota Baturaja. Pihaknya nanti meminta arkeolog untuk diselidiki, siapa tahu di sekitar kawasan wisata itu ada candi yang harus dilindungi.

“Kami juga akan membangun menara Pandang setinggi delapan meter, untuk memudahkan memantau dan pengamanan kawasan wisata tersebut” katanya. Di samping itu juga, untuk menambah fasilitas rekreasi sebentar lagi akan dibangun water park di kolam renang di pusat Kota Baturaja, ungkapnya.

Baca:  Promosikan Sumsel Ke Kancah Dunia Lewat OBOROT

Sementara di obyek wisata Rantau Kumpai, kata Yulia juga dilakukan penataan yang sama. Sekarang ini selain lokasinya yang bersih. Disana juga sudah ada, perahu bebek yang siap dinikmati pengunjung.

Di Goa Putri, yang terletak di Desa Padang Bindu, Semidang Aji, kata Yulia, mereka juga melakukan hal sama. Kita sudah membangun jembatan  baru, dan mengedam sungai semuun yang ngaliri gua putri. Tujuan agar dapat menahan debit air.

“Dengan demikian, pengunjung kedepan bisa berperahu mengitari area Goa Putri,” tegasnya. O her

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Bupati OKU Serahkan Langsung Sapi Kurban Kapolri

Baturaja, BP–Idul Adha atau hari raya kurban yang dirayakan  oleh umat Muslim di dunia melambangkan  tonggak sejarah perjuangan Nabi Ibrahim ...