Home / Sumsel / Ogan Ilir / PDAM Tirta Ogan Targetkan Sehat

PDAM Tirta Ogan Targetkan Sehat

Inderalaya, BP

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Tirta Ogan, menargetkan memperoleh predikat sehat dari Badan  Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPP-SPAM) dengan jumlah sambungan 10 ribu pelanggan yang tersebar di 16 Kecamatan dalam Kabupaten Ogan Ilir (OI) tahun 2015.

Saat ini, sejak tahun 2011 lalu hingga sekarang jumlah pelanggan PDAM Tirta Ogan sudah mencapai 6.600 pelanggan, belum lagi ditambah dengan target pada tahun ini mencapai 2 ribu pelanggan termasuk di Kecamatan Rantau Alai dan Rantau Panjang yang pada waktu lalu daerah tersebut, sudah mulai terhubung dengan jembatan Kertabayang.

Semakin banyaknya jembatan penghubung di desa yang berada di wilayah perairan bumi maka akan mempermudah pihak PDAM Tirta Ogan untuk  membangun jaringan pipa konsumen melalui jalur pipa yang terhubung di jembatan.

“Kita tetap merasa optimis bisa tercapai. Inginnya ditambah lagi setidaknya 3 “Booster” pengolahan air bersih dari sungai ke rumah-rumah penduduk di Kecamatan Kandis serta Rantau Alai,”kata Dirut PDAM Tirta Ogan Zulkarnain, Rabu (12/3).

Lanjutnya, PDAM Tirta Ogan telah mengusulkan ke Sumsel guna  dibangun booster di dua kecamatan tersebut. “Insya Allah pada tahun ini, masyarakat yang tinggal di dua Kecamatan itu, sudah bisa menikmati air bersih,” paparnya.

Disinggung mengenai belum adanya jaringan pipa PDAM di Kecamatan Pemulutan Barat. Mengingat masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut sudah sejak lama membutuhkan pelayanan air bersih.

Menurut Zulkarnain, pihaknya juga telah mengusulkan untuk pembangunan jaringan pipa PDAM di Kecamatan Pemulutan Barat. Dijelaskan Zulkarnain, jika pihaknya cukup merasa kesulitan untuk membangunan jaringan pipa PDAM ke desa-desa.

“Untuk membangun jaringan pipa melalui jalur sungai, saya rasa tidaklah efektif. Salah satu penyebabnya yakni terkendala kondisi arus sungai Ogan yang cukup deras,” jelasnya.

Ia menghimbau kepada warga masyarakat agar secara bersama-sama memelihara aset jaringan pipa PDAM karena. Karena, selain untuk mandi serta kebutuhan rumah tangga lainnya, air bersih pun juga bermanfaat untuk di konsumsi.  #hen

x

Jangan Lewatkan

Kapolres OI AKBP Gazali Ahmad Ngopi Bareng Wartawan

Inderalaya, BP — Puluhan wartawan yang tergabung dalam PWI Kabupaten Ogan Ilir (OI)  dan Ikutan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) temu ...