Home / Olahraga / Silat Porprov Gelar 21 Kelas

Silat Porprov Gelar 21 Kelas

Palembang, BP

Cabang silat akan mempertandingkan 21 kelas pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X Sumatera Selatan di Kota Lubuklinggau pada 17-25 Oktober 2014 mendatang.

“Kita sudah serahkan usulan nomor pertandingan Porprov kepada KONI Sumsel. Ada 21 kelas yang akan dipertandingkan,” kata Sekretaris Umum (Sekum) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumatera Selatan Darlis, Selasa (11/3).

Sebanyak 21 kelas yang akan dipertandingkan itu meliputi 15 kelas kategori tarung, seni tunggal putra/putri, ganda putra/putri, dan beregu putra/putri.

“Kelas yang kita usulkan itu memang standar nasional atau yang biasa dipertandingkan di kejuaraan nasional. Soalnya Porprov ini merupakan ajang persiapan untuk PON 2016 Jabar,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, ada satu kelas yang tidak dipertandingkan, yakni bebas putra/putri. Hal ini karena kelas tersebut memang jarang dipertandingkan, selain juga sulit dalam hal berat badan. Sebanyak 15 kelas kategori tarung sendiri di antaranya, kelas A-J putra dan A-F putri dengan rincian, kelas 45-50kg, 50-55kg, 55-60kg, 60-65kg, 65-70kg, 70-75kg, 75-80kg, 80-85kg, serta kelas terakhir 85-90kg.

“Kita perkirakan atlet yang akan mengikuti Porprov nanti sekitar 320 atlet dari 16 pengurus cabang yang ada di kabupaten/kota,” tukasnya.

Disinggung peta persaingan, ia memperkirakan cabang silat masih akan dikuasai tiga daerah, Palembang dan Musi Banyuasin, serta tuan rumah Lubuklinggau.

“Perkembangan silat di Sumsel boleh dibilang merata. Malah, kabupaten baru, Pali dan Muratara ikut serta. Namun, cabang ini diperkirakan masih akan dirajai Palembang, Musi Banyuasin, serta tuan rumah Lubuklinggau,” ucapnya memperkirakan.

Ia berharap Pengprov ini benar-benar dimanfaatkan oleh daerah untuk mengembangkan potensi atlet lokal dan bukannya memakai jasa atlet luar.

“Kita sangat mengharapkan atlet yang dikirimkan itu benar-benar putra daerah. Janganlah pakai atlet luar. Ini ajang untuk memantau perkembangan potensi atlet lokal,” pungkasnya.

Porprov X Sumsel mempertandingkan 26 cabang olahraga, yakni atletik, biliar, bola basket, bola voli indoor, bola voli pantai, bridge, bulu tangkis, catur, karate.

Cabang olahraga lainnya, panjat tebing, pencak silat, renang, senam, sepak bola, taekwondo, tenis lapangan, tenis meja, tinju, dayung, anggar, menembak, sepak takraw. #adk

x

Jangan Lewatkan

Raider se-Indonesia Jajal Trek Lubuklinggau

Lubuklinggau, BP–Sedikitnya 2.400 raider dari hampir seluruh daerah dan provinsi di Indonesia turun di event Silampari Trail Adventure, 18-19 November ...