Home / Headline / Sosialisasi Pemilu Lewat Jalan Sehat

Sosialisasi Pemilu Lewat Jalan Sehat

Gubenur Sumsel H Alex Noerdin dan  Ketua KPU Sumsel Aspahani melepas peserta jalan sehat di Benteng kuto Besak, Palembang, Minggu (9/3).

Gubenur Sumsel H Alex Noerdin dan Ketua KPU Sumsel Aspahani melepas peserta jalan sehat di Benteng kuto Besak, Palembang, Minggu (9/3).

Palembang, BP

Pemungutan suara Pileg 2014 akan dilaksanakan 9 April mendatang. Satu suara akan menentukan nasib bangsa. Masyarakat diimbau agar menggunakan hak pilihnya.

Ribuan orang berkumpul di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Minggu (9/3). Sejak pukul 05.00, masyarakat sudah mulai berbondong-bondong memadati pelataran BKB yang berada di pinggir di Sungai Musi tersebut. Mereka ingin mengikuti acara jalan sehat bertajuk ‘Menuju Pemilu 2014 Jujur, Adil, dan Berkualitas’.

Sekitar pukul 05.30, Gubenur Sumsel H Alex Noerdin didampingi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel Aspahani  melepas peserta jalan sehat untuk menempuh rute BKB-Masjid Agung-Jalan Jenderal Sudirman- Jalan Kapten A Rivai- Jalan Merdeka-BKB. Sedikitnya tercatat 6.500 orang warga Palembang mengikuti jalan sehat tersebut.

Kegiatan tersebut digelar KPU Sumsel sebagai bentuk sosialisasi Pemilu Legislatif (Pileg) 2014. Sebulan lagi, pada 9 April mendatang, semua warga negara Indonesia yang telah memiliki hak suara, yakni berusia 17 tahun atau telah menikah, akan memilih Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, DPR Daerah (DPRD) Sumsel, DPRD Kabupaten/Kota.

Satu suara akan menentukan nasib Bangsa Indonesia. Karena pentingnya pemilu, KPU Sumsel diminta terus melakukan sosialisasi.

“Masih ada yang belum tahu bahwa bakal ada pileg tanggal Sembilan April, ada pilpres tanggal Sembilan Juli. Jadi, harus terus disosialisasikan. Harus dilakukan terus menerus sampai saatnya nanti, nanti ada karnaval, ada talk show di TV, di radio, di media cetak , semua terus menerus,” kata Gubernur Sumsel H Alex Noerdin.

Gubernur pun mengingatkan, bahwa pemilu harganya mahal sekali. “Kalau ada warga yang tidak menggunakan hak konstitusi untuk memilih, itu rugi,” katanya.

KPU Sumsel pun menargetkan, angka partisipasi masyarakat pada pileg mendatang mencapai 75 persen hingga 80 persen.

Ketua KPU Sumsel Aspahani pun berharap, melalui jalan sehat yang digelar pihaknya, semakin banyak masyarakat yang mengetahui bahwa 9 April mendatang adalah hari pemungutan suara Pileg 2014.

Kemarin, di sejumlah daerah di Sumsel, kegiatan serupa juga digelar. Ribuan warga Kabupaten Muaraenim mengikuti jalan santai ‘Menuju Pemilu 2014 Yang Jujur, Adil dan Berkualitas’. Kegiatan tersebut diawali dan diakhiri di Lapangan Merdeka, Muaraenim.

Bupati Muaraenim Muzakir Sai Sohar, Wakil Bupati Muaraenim Nurul Aman pun hadir.

Peserta jalan sehat berjalan dari Lapangan Merdeka di Jalan A Yani dan melewati Jalan Jembatanenim I-Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Pramuka-Jalan SMB II-Jalan Jembatanenim II, dan kembali ke Lapangan Merdeka.

Selain mengetahui hari pencoblosan, peserta jalan sehat pun diharapkan meningkatkan kesehatannya. “Disamping untuk menjaga kesehatan tubuh, juga sebagai ajang sosialisasi Pemilu Sembilan April Duaribu Empatbelas,” kata Wakil Bupati Muaraenim Nurul Aman.

“Bapak-ibu dipersilahkan memilih satu diantara duabelas parpol yang ada. Pilihlah salah satunya sesuai dengan hati nurani,” tambah Nurul.

Jalan sehat sosialisasi Pileg 9 April, juga digelar KPU Kabupaten Lahat. Ketua KPU Lahat Samsurizal Nusir pun menargetkan, angka partisipasi pemilih di Lahat mencapai 85-90 persen.

“Sembilan April Duaribu Empatbelas, berbondong-bondong mendatangi TPS, menentukan wakil rakyat dan masa depan bangsa ini lima tahun ke depan,” ajak Samsurizal kepada peserta jalan sehat.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Lahat Ahdin Djasri pun menyatakan, untuk mencapai target 90 persen pemilih tentu harus menjadi kerja keras KPU, PPK, PPS, dan KPPS.

“Peran partai politik sebagai peserta pemilu perlu dimaksimalkan,” tambahnya. #osk/nur/ufi

x

Jangan Lewatkan

Polda Endus Ladang Ganja Lain

Palembang, BP–Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel memusnahkan 335 butir ekstasi dan 86,34 gram sabu hasil ungkap dua perkara dengan tiga ...