Home / Palembang / Bantuan Desa Tembus Rp330 Juta

Bantuan Desa Tembus Rp330 Juta

Palembang, BP

Bantuan yang dikucurkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) ke desa untuk 2014, mencapai Rp330 juta. Bantuan tersebut akan diberikan melalui lurah masing-masing desa.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan, bantuan ini guna memotivasi kelurahan. “Di situ (bantuan-red) ada untuk wanita, pemuda, dan karang taruna. Itu bukan untuk lurah, tapi untuk pembangunan ekonomi desa,” katanya, beberapa hari lalu. Bantuan ini direalisasikan untuk menepati janjinya di tahun lalu saat berkampanye menjadi Gubernur Sumsel.

Di Palembang sendiri, ada 107 kelurahan. Sedangkan di Sumsel, ada 2.046 desa dan 386 kelurahan. Setiap desa/kelurahan mendapatkan bantuan dari Rp50 juta menjadi Rp100 juta.    Rinciannya dana tersebut yaitu PKK Rp15 juta, Posyandu Rp10 juta, karang taruna Rp10 juta, pembinaan administrasi  kelurahan Rp4 juta, dan LPMK Rp10 juta.

“P3N dapat honor Rp600 ribu per bulan, itu juga diambil dari bantuan yang Rp100 juta ini,” ujarnya. Sisanya, yaitu Rp43.8 juta untuk kegaiatan ekonomi produktif kelurahan. Alex pun menjanjikan program kegiatan ekonomi yang terbaik dapat hadiah.

“Hadiah Gubernur Sumsel biasanya umrah, tapi bukan umrah palsu,” ucapnya. Apabila APBD Sumsel naik, Alex kembali menjanjikan akan meningkatkan bantuan hingga Rp200 juta. Jika UU desa sudah diberlakukan, desa akan mendapatkan bantuan Rp1 miliar.

“Kerja sama sejak pak Romi dan Harno luar biasa. Jakabaring, Jembatan Musi IV, Musi V, dan Musi VI dimulai tahun depan. Semuanya untuk masyarakat Kota Palembang,” katanya.    Alex mengharapkan, kerja sama yang baik ini harus didukung rakyat. Pihaknya pun menginginkan Palemabang jadi salah satu kota termaju di Indonesia. #osk

x

Jangan Lewatkan

Tahun Depan Kantor Camat Jakabaring Dibangun

  Palembang, BP–Pemerintah Kota Palembang siap membangun Kantor Camat Jakabaring pada tahun mendatang. Saat ini lahan seluas 3 hektar di ...