Kinerja Kurang Maksimal, Kepala Disbudpar Palembang Dicopot

Palembang, BP

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Palembang Mirza Fansyuri dikabarkan dicopot dari jabatan, karena kinerjanya tidak maksimal. Walikota Palembang Eddy Santana Putra menilai Mirza tidak cocok mengemban jabatan di bidang kepariwisataan.

“Salah penempatan saja, saya kira pak Mirza kurang cocok menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata,” kata Walikota usai menghadiri pembukaan TOT Pentas Seni Kampung di ruang Mahameru Hotel Swarna Dwipa, Senin (11/6).

Dia mencontohkan, seperti pelaksanaan persiapan Hari Ulang Tahun ke-1329 Palembang, peran Disbudpar sangat minim. Padahal seharusnya instansi itu yang menonjol untuk momen ini. Seperti diketahui, Pemerintah Kota (Pemko) Palembang siap menggeber hingga 20 kegiatan menyambut HUT Palembang, 17 Juni mendatang. Mulai dari pemilihan Bujang Gadis Palembang, Palembang Expo di Sriwijaya Promotion Center, zikir akbar, malam pentas seni, dan ziarah ke makam pahlawan.

Menurut Walikota, selama ini kegiatan kepariwisataan juga kurang berkembang. “Makanya kami nilai pak Mirza kurang cocok di posisi itu. Ini juga lebih kepada penyegaran kinerja juga,” kata Eddy.

Ditanya siapa yang bakal menggantikan Mirza, Eddy belum mau menyebut nama. Dia hanya menjelaskan, saat ini pihaknya masih mencari sosok yang tepat dan sebelumnya juga telah menunjuk Pelaksana Harian Tugas (Plt) Kepala Disbudpar yakni Tabrani, yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Disbudpar Kota Palembang.

Mengenai belum dilakukannya serah terima jabatan sampai saat ini, Walikota mengatakan, masih dilakukan penilaian dan evaluasi baru kemudian diajukan ke provinsi. “Belum ada pelantikan dan serah terima jabatan, mungkin akan kita barengkan dengan yang lain. Ini saja masih kita ajukan,” kata Eddy.

Sementara Tabrani, yang ditunjuk sebagai Plt, mengaku siap menjalankan tugas yang dipercayakan kepadanya. Dia mengaku sudah bicara dengan Mirza. “Bapaknya sangat legowo. Saat ini dia menjabat sebagai pegawai staf ahli Asisten IV Pemko,” kata Tabrani saat mendampingi Walikota.

Ini adalah kegiatan kedua Tabrani sebagai Plh Kepala Disbudpar, setelah sebelumnya sukses menggelar malam pemilihan Bujang Gadis Palembang. Diakui Tabrani, dia kaget lantaran penunjukannya sebagai Plh, dilakukan lewat telepon, Jumat (8/6) lalu. /rul