UBD Mulai Ajarkan ‘English Unlimited’

Palembang, BP

Universitas Bina Darma Palembang (UBD) menyiapkan lulusan yang siap bersaing, dengan cara mengentaskan program dari Cambridge University. Hal ini dilakukan mengingat banyaknya peluang lapangan kerja baik skala nasional maupun internasional ke depan yang menuntut para pencari kerja memiliki kemampuan dalam menggunakan bahasa Inggris.

Rektor Universitas Bina Darma (UBD) Palembang Bochari Rahman usai membuka pelatihan penggunaan buku English Unlimited, di Kampus B UBD, Kamis (26/4) mengatakan,  di Sumsel akan semakin banyak perusahaan yang berskala internasional yang membutuhkan tenaga ahli.

Hal ini juga sebagai upaya untuk mengembangkan diri sebagai kampus go internasional. Untuk itu, kita berupaya menyiapkan lulusan berkualitas yang mampu berbahasa Inggris.
“Di sini kami menyiapkan lulusan berkemampuan di bidang bahasa Inggris dan informasi teknologi. Disamping sebagi langkah dalam pencapaian misi menjadi kampus go internasional dan menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja. Serta buku English Unlimited ini juga dapat menjadi referansi pembelajaran jika ingin mengikuti tes bahasa Inggris dari Cambridge.,” katanya.

Selain itu, dirinya melanjutkan sejauh ini UBD masih menjadi perguruan tinggi pertama di Palembang yang menggunakan buku tersebut dan penggunaannya bukan hanya oleh mahasiswa tetapi juga dosen dan para pelajar guna meningkatkan kemampuan. Serta saat ini pihaknya pun sudah mulai melakukan pembinaan terhadap sejumlah sekolah di Sumsel. Dengan cara melatih para tenaga pengajar dalam berbahasa Inggri dengan sistem ini.

“Sementara ini kita sebagai satu-satunya perguruan tinggi yang sudah bekerjasama dengan Cambridge, selain itu juga melatih sejumlah guru-guru dari beberapa sekolah di Sumsel dalam berbahasa Inggris. Karena kita menilai pemberian kemampuan berbahasa Inggri mesti dilakukan sejak di sekolah,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Hendro, Manager Marketing PT Mentari Book Indonesia, selaku distributor buku English Unlimited, menuturkan program yang mulai diterapkan UBD ini merupakan integrasi yang menekankan pada tiga unsur, yakni general English, business English dan job specific English. Sehingga menjadikan program ini menggunakan biaya relative terjangkau dengan kualitas tertap terjamin.

“Selama ini yang ada pada institusi hanya sebatas general English. Padahal saat ini business English juga diperlukan. Namun, karena adanya pemisahan antara ketiganya, membuat biaya kursus menjadi relatif mahal,” tuturnya.ris