Pembelajaran Harus Menarik

Palembang, BP

Pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada umumnya dinilai sebagai mata pelajaran yang membosankan dan menakutkan.  Maka dari itu guru harus kreatif membuat metode pembelajaran yang menarik.

Dengan demikian siswa harus dibuat mencintai dan merasa nyaman dengan pelajaran tersebut. Hal itu diungkap Drs H Harun Al-Rasyid MM kepala seksi kurikulum TK/SD pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang.

“Memang sebagian siswa mata pelajaran ini dibilang menakutkan dan tidak menarik, akan tetapi kita akan terus mengupayakan terus memotivasi siswa,” ungkapnya usai acara penutupan lomba olympiade Matematika dan IPA tingkat Kota Palembang, Kamis (26/4).

Pihaknya terus melakukan penyegaran, salah satunya dengan mengadakan lomba pada mata pelajaran IPA & Matematika untuk menghilangkan image tersebut. Selain itu guru juga dituntut untuk bisa membuat metode pembelajaran lebih menarik.

“Bukan hanya siswa, guru pun harus bisa membuat metode yang baik. Aktif, efektif dan menyenagkan sesuai dengan kemampuan siswa,” ungkapnya.

Kepala SDN 60 Dewi Murni SPd MM dan Kepala SDN 170 Palembang Lensiana SPd MSi mengatakan, pemenang pada tingkat kota ini didapat 23 orang yang siap mengikuti seleksi untuk olimpiade tingkat provinsi.

“Nilai tertinggi pada mata pelajaran Matematika 12 orang dan IPA sebanyak 11 orang yang siap bertarung pada olympiade tingkat provinsi,” katanya.

Lebih lanjut Dewi yang juga juri pada olympiade Matematika dan IPA tingkat Kota Palembang mengatakan, dengan menjalankan program kerja dari Disdikpora Kota Palembang dapat meningkatkan mutu pembelajaran, memacu kreatifitas siswa dan melatih siswa untuk berkompetisi.

Untuk peringkat pertama pada mata pelajaran Matematika diraih oleh Marcelo Faria pada SD Xaverius 2 dengan total nilai 134, juara dua Violin Yapputri SD Agatha dengan nilai 128 dan juara ketiga Steven Owen SD 1 dengan nilai 90.
Sementara untuk mata pelajaran IPA, juara satu diraih oleh Liliana Sugiarto SD Paramount dengan nilai 161, juara kedua Nabila Az-Zahrah dari SD Pusri dengan nilai 158 sedangkan untuk juara ketiga diraih oleh Elvandro Septaldo dari SD IBA dengan nilai 157. /cr4