Cuaca Ekstrim Waspada Diare

Martapura, BP

Cuaca ekstrim yang masih terjadi sejak tiga bulan belakangan ini, tidak hanya berdampak proses pertanian dan perkebunan, namun juga kesehatan masyarakat.

Salah satunya yang patut diwaspadai adalah penyakit diare, batuk, dan pilek. Dalam cuaca yang tak bersahabat saat ini, penyakit diare tersebut dominan menyerang anak-anak.

Direktur RSUD OKUT dr Sindang Iwari, Kamis (26/4),  mengatakan, dari 15 tempat tidur yang disediakan, 10 diantaranya diisi anak-anak yang menderita diare.

“Saat ini mereka masih dalam perawatan namun kondisi pasien anak-anak ini tidaklah mengkhawatirkan,” jelasnya.

Sedangkan pasien lainnya lanjut Sindang, menderita pilek dan batuk-batuk. “Timbulnya penyakit seperti diare, batuk dan pilek tak lain karena makanan dan lingkungan yang tidak bersih,” ujarnya.

Sindang menambahkan, di cuaca ekstrim saat ini, tidak hanya diare yang   patut diwaspadai namun juga demam berdarah dengue.

“DBD perlu juga diwaspadai dan kami juga tak lupa mengimbau pada keluarga pasien untuk menjaga lingkungan bersih khususnya menanggulangi genangan air agar tidak lama sehingga menjadi sarang nyamuk penyebab demam berdarah,” tukas Sindang. /mas