Cari Wakil Ke O2SN Provinsi

Palembang, BP

Sebanyak sebelas siswa SMA sederajat di Palembang, mengikuti Olimpiade Olahraga Sekolah Nasional (O2SN) pencak silat, Kamis (26/4). Juara pertama di tingkat kota ini akan menjadi wakil Palembang dalam O2SN tingkat provinsi yang akan digelar pada 1 Mei mendatang.

Ketua Pertandingan Pencak Silat O2SN Kota Palembang Sriyustati mengatakan, O2SN ini dilakukan untuk mencari wakil Palembang mengikuti O2SN tingkat provinsi Mei mendatang. Hal ini mengingat Sumsel akan menjadi tuan rumah O2SN tingkat nasional pada Juni mendatang, pihaknya harus mempersiapkan diri sejak dini.

“Untuk O2SN tingkat SMA pencak silat ini diikuti enam peserta tunggal putra dan lima peserta tunggal putri yang memainkan 40 pertandingan. Kita hanya mencari juara satu saja untuk mewakili kota Palembang ke tingkat provinsi. Kemudian Pemenangnya nanti, akan mewakili Sumsel dalam O2SN tingkat nasional,” katanya.

Pelatih pencak silat di Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) ini menuturkan, untuk kategori fighter terdapat dua kelas yakni B dan F. Untuk kelas B berat badan 43-50 Kg, kelas F berat badan peserta yakni 54-57 Kg. Mengenai peluang atlet pencak silat dalam O2SN tingkat provinsi nanti, pihaknya optimis dapat meraih emas dan mewakili Sumsel dalam O2SN tingkat nasional,” tuturnya.

Sementara itu, Binpres PB IPSI yang sekaligus juri O2SN tingkat Kota Palembang, M Ali Hanafiah, saat dibicangi di Gedung Olahraga Syahrial Oesman menjelaskan pencak silat memiliki berbagai manfaat, di antaranya dapat membuat kesehatan dan kebugaran tubuh, membangkitkan rasa percaya diri.

Kemudian melatih ketahanan mental, mengambangkan kewaspadaan diri yang tinggi, membina sportifitas dan jiwa ksatria, disiplin dan keuletan yang lebih tinggi.

“Sejauh ini para peserta yang ikut O2SN kali ini semuanya baru dan memiliki potensi menjadi atlet pencak silat. Sehingga, kedepan harus lebih diberdayakan lagi. Dengan memberikan latihan intensif dan pengalaman bertanding dalam event-event pencak silat dimanapun, dengan tujuan jam terbang para atlet baru ini dapat tingga dan mampu membuat mental bertanding semakin baik,” jelasnya.

Ali melanjutkan, dalam pencak silat yang dilombakan kali ini terdapat dua kategori yakni fighter dan seni. Dimana setiap kategori memiliki penilaian yang berbeda. Untuk kategori fighter yang dinilai cara tendangan sang atlet. untuk seni, dinilai dari rincian gerak tubuh, ketepatan waktu, dan keindahan gerak. /ris