BTPN Bakal Ekspansi Cabang Syariah

Palembang, BP

Bank Tabungan Pensiunan Negara (BTPN) pada tahun ini akan memperluas jaringan dengan membuka cabang syariah di Indonesia, termasuk di Palembang. Langkah ini dilakukan untuk mengoptimalkan market atau pasar perbankan syariah yang belum tergarap maksimal.

“Kami belum bisa memastikan berapa kota dan kota mana saja yang akan ekspansi. Pastinya, kami akan melakukan study kelayakan terlebih dahulu untuk melihat potensi pasar yang potensial,” kata Distribution Head BTPN Mitra Usaha Rakyat (MUR)  Erwanto Yusuf, Kamis (26/4).

Dijelaskannya, perizinan ekspansi perbankan Syariah masih dalam proses di kantor pusat Bank Indonesia (BI). Tidak menutup kemungkinan, jika telah mendapatkan persetujuan dari BI secara otomatis pihaknya akan melakukan analisa pasar guna melakukan perluasan jaringan tersebut.

“ Jika marketnya bagus, kami punya peluang untuk masuk ke sana. Saat ini kami masih menelaah kota mana saja yang memiliki potensi yang cukup besar,” katanya.

Menurut dia, meski  belum ada keputusan dari direksi mengenai kota mana saja. Tapi, Palembang menjadi salah satu kota untuk pengembangan jaringan BTPN Syariah.

Untuk sarana prasarana, pihaknya telah mempersiapkan itu semua. BTPN Syariah Cabang Palembang berencana akan menempati lantai dua BTPN MUR Cinde Palembang.

Dia melanjutkan kalau rencananya launching BTPN Syariah di seluruh Indonesia, akan dilaksanakan serentak pada Juli atau Agustus 2012. ”Potensi market perbankan syariah sangat besar, makanya kami berkeinginan membuka cabang syariah di sini. Juga menjadi alasan kenapa banyak bank syariah merambah Palembang,” ujarnya. /bud