Banyak Data Ganda di DPT Pemilukada 2013

Palembang, BP

Pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) pada 2013 mendatang, kemungkinan akan dipenuhi dengan daftar pemilih tetap (DPT) ganda. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Palembang masih menemukan banyak data rekam elektronik KTP ganda.

Terkait DPT, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang terus melakukan koordinasi dengan Dinas Dukcapil Palembang. ”Setiap bulan Dukcapil selalu memberikan data warga yang berhak memilih atau berusia 17 tahun. Namun per 2 Februari lalu baru ada 1.251ribu jiwa,” kata Ketua KPU Kota Palembang Eftiyani, Kamis (26/4).

Menurut Efti, DPT disesuaikan dengan kepemilikian e-KTP. Namun pihaknya menilai, jumlah DPT akan di bawah jumlah e-KTP karena banyaknya data ganda yang diterima Dukcapil. “Kemungkinan tidak sesuai dengan warga yang sudah buat e-KTP, karena masih banyak data ganda,” jelasnya.

Jumlah DPT pada Pemilukada 2008 lalu, mencapai 1.012 ribu jiwa. Dengan begitu, jika terdapat penambahan maka itu persoalan teknis. Tahapan Pemilukada Palembang baru akan dilakukan pada 10 September 2012, sementara pencoblosan dijadwalkan pada 7 April 2013 mendatang. ”Yang jelas saat ini kita meminta pemerintah untuk segera menyelesaikan pembangunan gedung KPU, sehingga saat pelaksanaan tahapan pemilukada bisa dilaksanakan,” katanya.

Sementara, Dinas Dukcapil Kota Palembang memprediksi, pemilih pemula Pemilukada Kota Palembang berkisar 10-15 persen dari total wajib e-KTP. Jumlah warga wajib e-KTP sebanyak 986.034 jiwa sehingga jika 15 persen dari jumlah tersebut, DPT bertambah sebanyak 147.905 jiwa.

Kepala Dinas Dukcapil Palembang Abdullah Farhan mengatakan, jumlah DPT otomatis terdata dengan program e-KTP. Termasuk pemilih pemula, yakni mereka yang berusia 17 tahun pada 7 April 2013 mendatang dan sudah bisa mencoblos. ”Kalau sekarang dia berusia 16 tahun, namun saat pelaksanaan pemilihan berusia 17 tahun, berhak masuk dalam DPT,” jelasnya. /rul