Warga Tagih Janji Pemkab OKI

 Kayuagung, BP

Warga Desa Pinang Indah, Kecamatan Sungai Menang, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menagih janji pemerintah daerah setempat.

Janji pejabat Pemkab OKI adalah pembangunan Pos Angkatan laut (AL) yang kini sudah dianggarkan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) pada anggaran 2012.

Salah seorang warga setempat bernama Hasan, Rabu (25/4),  mengatakan, pembangunan pos AL sebagai pos pengamanan pesisir sungai sangat mendesak, karena banyak sekali aksi kriminalitas yang terjadi di pesisir sungai, seperti perampokan dan lainya.

”Memang saat ini di sana sudah ada pos pengamanan TNI AL, tetapi pos tersebut sudah tidak layak, warga sudah mengusulkan untuk dibangun tahun  ini,” cetusnya.

Hal ini dibenarkan oleh anggota Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) OKI Amirsyah dari daerah pemilihan setempat.

Saat ini menurutnya, masyarakat sangat membutuhkan adanya pos pengamanan di daerah tersebut.

”Daerah itu merupakan daerah perairan yang berbatasan langsung dengan Provinsi Lampung, keamanan sungai untuk nelayan dan transportasi air sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Amirsyah membenarkan jika 2011 yang lalu, warga Desa Pinang Indah, telah mengusulkan kepada Pemkab OKI untuk pembangunan pos pengamanan TNI AL itu, tujuannya demi kenyamanan masyarakat.

”Usulan itu sudah kita bahas, dewan menyetujui untuk dianggarkan pada pos APBD 2012 senilai kurang lebih Rp170 juta,” katanya.

Dijelaskan Amirsyah, saat ini masyarakat Desa Pinang Indah, mempertanyakan kapan pos pengamanan AL itu dibangun.

Mengenai pelaksana pembangunan tersebut, menurut Amirsyah, dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya.

Sementara itu, Camat Sungai Menang Fredi, saat dikonfirmasi membenarkan adanya usulan masyarakat tentang pembangunan pos pengamanan tersebut.

”Memang ada usulan dari masyarakat, usulan itu di tahun 2011 saat itu camat masih pak Husni, saya sebagai sekeretarisnya, dan di tahun 2012 ini sudah dianggarkan,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas pekerjaan umum Cipta Karya  OKI M Hapis belum berhasil dikonfirmasi. Ketika dihubungi telepon genggamnya tidak aktif. Sedangkan ketika  dikirim pesan singkat tidak juga dibalas. /ros