Warga Lapas Rekam e-KTP

Lahat, BP

Sebanyak 150 warga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Kabupaten Lahat melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

Program rekam e-KTP ini melibatkan petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Kalapas Klas IIA Kabupaten Lahat Abdul Amin melalui Kepala Seksi  Bina dan Pendidikan (Binadik) Firman Syahri, Rabu (25/4),  mengatakan, 150 warga hunian Lapas Klas IIA yang melakukan perekaman E-KTP sudah terdaftar.

“Ini dilakukan, dikarenakan mereka merupakan warga Kabupaten Lahat, oleh sebab itu kita harus melakukan perekaman e-KTP, sedangkan sisanya adalah penduduk dari Kota Pagaralam ataupun Kabupaten Empat Lawang,” katanya.

Menurut dia, banyak dari tahanan ini telah menjalani masa hukuman lebih dari satu tahun dan hal ini diperlukan pertimbangan untuk mengambil tindakan selanjutnya.

Sementara itu, Kadisdukcapil Lahat HA Muchtar Effendi Ali melalui Sekretaris Harbu Arifin mengemukakan, pihaknya dalam melakukan pendataan dan perekaman e-KTP telah turun ke lapangan untuk langsung menjemput bola.

“Terutama sekali, bagi mereka yang sudah usia lanjut yang tak mungkin mendatangi kantor kecamatan terdekat, warga hunian Lapas, maupun orang-orang yang dirawat di rumah sakit,” katanya.

Ia menuturkan, untuk tahanan di Lapas, dari 150 yang terdaftar, kemungkinan besar dapat bertambah mengingat masih banyaknya jumlah tahanan. Otom