Sumsel Pilot Project Program Polmas

Palembang, BP

Sumsel di bawah kepemimpinan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin kembali mengukir prestasi. Provinsi Sumsel akan dijadikan pilot project program Polisi Masyarakat (Polmas). Pada program ini, akan diluncurkan program 1 desa 1 Babinkamtibmas.

Rencananya, awal Mei 2012, Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo dan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin akan me-launching pilot project dan seterusnya akan dilakukan di seluruh Indonesia.

Direktur Binmas Polda Sumsel Kombes Pol Drs M Agus Sunaryo didampingi Kasi Pembinaan Kemampuan (Kasi Bin Puan) Polmas Polda Sumsel Kompol Suryadani, SH, Selasa (24/4), di ruang kerjanya, mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan surat kepada Kapolri untuk me-launching pilot project tersebut. Jika Kapolri berhalangan maka akan diwakilkan Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Imam Sujarwo.

“Program 1 desa 1 Babinkamtibmas ini merupakan program grand strategi Kapolri guna menggalakkan Polmas seluruh Indonesia,” katanya.

Untuk Sumsel, pilot project 1 desa 1 Babinkamtibmas ini akan dibagi per wilayah. Untuk wilayah Polresta Palembang akan diwakilkan Polsek Gandus, untuk Polres Ogan Ilir diwakilkan Polsek Indralaya, Polres Banyuasin diwakilkan ke Polsek Talang Kelapa, Polsek Mariana dan Polsek Rambutan.

Menyambut pelaksanaan program itu, sudah sejak beberapa bulan lalu jajaran Polmas Polda Sumsel melakukan persiapan acara tersebut dengan melihat kesiapan polsek-polsek untuk dikunjungi Kapolri. Baik persiapan administrasi maupun personel di polsek.

”Siang tadi (kemarin-red) kita sudah ke Polsek Rambutan dan melakukan pertemuan dengan jajaran Babinkantibmas di wilayah Polsek Rambutan, Polsek Talang Kelapa, Polsek Mariana serta dihadiri Kapolsek Rambutan AKP Asep Durahman,” katanya.

Guna lebih lebih dekat diri dengan masyarakat, menjadikan masyarakat sahabat polisi, serta mempercepat pembentukan 1 desa 1 Babinkamtibmas, jajaran Polmas Polda Sumsel menggelar kegiatan sosialisasi Babinkamtibmas di seluruh polres yang ada di Sumsel. Kegiatan ini diikuti jajaran polres dan masyarakat umum.

“Kita juga memberikan apresiasi kepada desa yang rutin melaksanakan ronda malam seperti yang dilaksanakan warga Desa Pajar Bulan, Kecamaran Air Batu, OI melalui Kepala Desa Pajar Bulan, Ruslan Effendi dan warga, yang pada Kamis malam lalu menggelar acara orgen tunggal serta mengundang kita ke sana,” kata dia. /osk