Ratusan Mahasiswa Padati TM BGK

Palembang, BP

Sekitar 340 mahasiswa/wi dari berbagai universitas di Sumsel memadati Gedung Dharma Wanita Jalan Kapten A Rivai, Rabu (25/4). Mereka antusias mengikuti technical meeting (TM) pemilihan Bujang Gadis Kampus (BGK).

Pendaftaran BGK sendiri dimulai 30 Maret- 24 April dan merupakan pemilihan BGK ke-10. Koordinator BGK Erlina mengatakan kegiatan ini merupakan ajang pencarian mahasiswa berprestasi yang berfokus pada pendidikan dan pengetahuan serta mempunyai wawasan dan intelegensi tinggi.

“BGK sendiri merupakan pencarian bakat mahasiswa yang berkompetensi di bidang pendidikan dan pengetahuan. Untuk masalah fisik itu nomor 2, kita mencari mahasiswa yang mampu menjadi sosok yang dibanggakan dalam bidang pendidikan,” ujarnya.

Senada dengan Erlina, Kahfi Alfurqon selaku Wakil Panitia dan BGK harapan 3 tahun lalu mengungkapkan, BGK merupakan acara tahunan dari Dinas Pendidikan yaitu kegiatan yang mencari sosok generasi muda yang baik se-Sumsel dan dapat menjadi duta pendidikan yang berkompetensi.

“Acara tahunan ini adalah suatu ajang mencari bakat dalam bidang pendidikan yang di ikuti berbagai generasi muda khususnya dari mahasiswa Sumatera Selatan. Serta sosok tangguh yang akan menjalani berbagai macam ujian tertulis sebagai bentuk uji kompetensi sebelum benar-benar terpilih menjadi duta pendidikan,” bebernya.

Sedangkan terkait tahapan seleksi Kahfi menjelaskan babak penyisihan akan dilakukan Kamis (26/4) ini. Materi seleksi berupa tes tertulis dengan lima sub pokok bahasan, yakni bahasa Indonesia, bahasa Inggris, pengetahuan umum budaya, psikotes dan pengetahuan mengenai IBGK. Kemudian hasilnya akan diumumkan Sabtu (28/4).

“Saat pengumuman akan terpilih 30 pasangan yang melanjutkan ke semi final pada 30 April. Kemudian akan di pilih 15 pasang untuk masuk karantina di Asrama Haji, mulai dari 1-6 Mei sebelum final. Selanjutnya di Grand Final yakni 6 Mei malam di Hotel Aryaduta. BGK terpilih akan mendapatkan uang tunai Rp7,5jt dan berapa bingkisan dari sponsor,” tambahnya.

Irma, salah satu peserta BGK menyambut baik kegiatan ini. Ia menilai ajang pemilihan BGK merupakan wadah, pengembangan bakat dan sportifitas mahasiswa dalam berkompetisi di bidang akademik. /cr4