Gubernur Bagikan 2.300 Helm SNI

Palembang, BP

Gubernur Sumsel  H. Alex Noerdin membagikan secara simbolis 2.300 helm yang sudah memiliki segel SNI (Standard Nasional Indonesia) kepada pengguna jalan. Pembagian helm SNI ini digelar di perempatan simpang empat RS Charitas Palembang, Selasa (24/4).

Program tersebut bertemakan ’Gerakan Inspiratif Aku Disiplin Gunakan Helm SNI dan Safety Riding Untuk Indonesia’ yang digelar bersamaan dengan Peringatan Hari Angkutan Nasional yang diperingati 24 April setiap tahunnya.

Walaupun kondisi  cuaca hujan, tidak sedikitpun mengurangi semangat dan antusias Gubernur dalam menjalankan program tersebut.

Dalam kesempatan ini, Gubernur menyampaikan bahwa keselamatan pengendara roda dua penting untukdiperhatikan. Karena biasanya, jika terjadi kecelakaan korban yang parah berasal dari pengendara roda dua. Alhasil, pada saat itu, Gubernur menyempatkan diri berpesan secara langsung kepada pengguna kendaraan roda dua (motor) menerima agar mengendepankan keselamatan dan disiplin berkendara dengan menggunakan helm ber-SNI.

Sebab, Gubernur menemukan banyak masyarakat yang menggunakan helm, namun umumnya bukan helm berstandard nasional. Padahal, penggunaan helm yang demikian akan sangat berbahaya jika terjadi benturan. ”Pak, helm bapak ini tidak standard, kalau terjadi apa–apa bisa bahaya. Gunakanlah helm ber-SNI agar lebih aman,” pesan Gubernur kepada pengendara.

Gubernur juga berharap, agar masyarakat lebih baik lagi dalam berkendara serta lebih menjaga keamanan dan keselamatan pengendara motor. Gubernur juga mengajak bupati/walikota se-Sumsel untuk menggalakkan program serupa untuk lebih disiplin dengan aturan lalu lintas.

”Gerakan inspiratif ini bisa menjadi permulaan yang baik agar kita bisa disiplin dan mulai dari kita sendiri. Kepala daerah di Sumsel juga diharapkan melanjutkan program ini di daerahnya masing-masing,” imbau Gubernur.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Kadishubkominfo) Provinsi Sumsel Sarimuda mengatakan, bantuan atas kerjasama Pemprov Sumsel dan Smile Indonesia Creatif Production ini adalah wujud nyata kepedulian Pemprov Sumsel terhadap keselamatan pengendara khususnya pengendara kendaraan bermotor roda dua yang ada di Provinsi Sumsel.

”Program ini murni ide dari Bapak Gubernur dengan tujuan agar masyarakat sadar dan bersedia menegakkan disiplin tingkat nasional dan safety ridding dalam berkendara khususnya di Provinsi Sumsel,” kata Sarimuda.

Menurut Sarimuda, berdisiplin lalu lintas di kalangan masyarakat memang harus lebih ditingkatkan, sebab masih banyak masyarakat yang kurang menyadari manfaat dari disiplin dalam berkendara serta berkendara aman itu sendiri. ”Kemacetan yang terjadi di jalan raya banyak juga dipengaruhi oleh ketidakdisiplinan masyarakat di jalan. Mudah–mudahan setelah adanya acara ini kesadaran masyarakat akan semakin baik lagi, tidak ada lagi yang bermotor dengan cara tidak aman,” harapnya. /nto