Drainase Jalan Ambrol, Obyek Wisata Terancam

Pagaralam, BP

Dua obyek wisata andalan Pagaralam terancam tak bisa dikunjungi, menyusul ambrolnya drainase.

Drainase dan tembok penahan jalan menuju obyek wisata Gunung Dempo dan Curup Embun di Talang Tinggi RT01/RW01, Kelurahan Dempo Makmur, Kecamatan Pagaralam Utara, Kota Pagaralam amblas sepanjang lebih kurang sepuluh  meter.

Tak pelak, amblasnya drainase tersebut mengancam badan jalan dua lajur menuju objek wisata andalan Kota Pagaralam tersebut.

        Ambrolnya drainaase dan tembok penahan jalan itu terjadi, Selasa (24/4), menyusul tingginya curah hujan.

Mulyadi (43), warga setempat mengatakan, longsor yang menyebabkan tembok penahan jalan ambruk, baru diketahuinya keesokan harinya, setelah malam sebelumnya hujan turun dengan deras.

“Bahu jalan yang longsor tersebut persis berada di bibir jurang. Tidak hanya itu, diduga kondisi bangunan tembok penahan kurang kuat sehingga ikutan ambruk,” katanya.

Warga dan pengendara berharap agar kerusakan tersebut dapat segera diperbaiki, sebab jika tidak kunjung diperbaiki bukan tidak mungkin kerusakan akan terus bertambah.

Lurah Dempo Makmur Haryono mengaku, segera berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk dilakukan perbaikan.

“Kejadiannya diperkirakan tadi malam, untuk perbaikan kita akan segera berkoordinasi dengan Dinas PU,” ucap dia.

Sementara itu, Teddy, Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas PU Kota Pagaralam mengatakan, sebagai langkah penanggulangan pihaknya akan segera menerjunkan tim untuk melakukan pendataan.

Untuk sementara, menurut dia, daerah yang amblas akan di pasang rambu-rambu sehingga dapat menjaga tidak terjadinya kecelakaan. /dar