96 Siswa SD Adu Kecerdasan MIPA

Palembang, BP

Sebanyak 96 siswa dari sekolah dasar (SD) se-Palembang mengikuti olimpiade Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) di SD Negeri 179 Palembang. Olympiade ini menjadi ajang mengadu kecerdasan siswa di tingkat SD.

Kepala Bidang TK&SD Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Palembang Zulinto, mengatakan, kegiatan ini menyaring potensi di bidang akademik yang dimiliki oleh siswa, Rabu (25/4).

“Kegiatan ini ajang untuk mendapatkan generasi muda berprestasi di bidang MIPA. Para siswa yang ikut tentunya merupakan perwakilan terbaik dari setiap kecamatan,” katanya.

Perlombaan ini menguji kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan seputar pengetahuan MIPA dan berhitung. Kegiatan yang digelar selama 3 hari ini menjadi agenda rutin Disdikpora untuk meningkatkan kompetensi siswa. Nantinya, peserta yang menjadi juara dalam olimpiade ini akan diikutkan pada perlombaan MIPA tingkat provinsi.

“Tentunya yang berprestasi di olympiade ini akan mendapatkan perhatian khusus. Mereka juga akan mewakili Palembang untuk olimpiade MIPA lebih ketat lagi di tingkat provinsi di tahun ini,” lanjutnya.

Sementara itu, Drs Rosyidi Tim Penguji, pengawas dan penilai Unit Pelaksana Teknis Dasar (UPTN) tingkat TK/SD kecamatan Alang-Alang Lebar, mengatakan, ada beberapa mata pelajaran yang diujikan. Yaitu Matematika dan IPA. Setiap mata pelajaran memang berbeda porsi dan pengujiannya.

Ia mengatakan, masing-masing mata pelajaran diikuti oleh 48 peserta. Namun, ada beberapa persyaratan sebelum peserta mengikuti pertandingan ini.  Untuk nilai pada mata pelajaran Matematika dan IPA minimal harus bernilai 7. Tingkatan kelas juga dibatasi, dari mulai kelas 3 hingga kelas 5 SD.

Seleksi dilakukan cukup ketat, dari 96 peserta akan diambil 10 besar untuk dipertandingkan kembali pada tahap semi final dan akan disaring lagi menjadi tiga besar. Mereka yang menang nantinya akan membawa nama Palembang untuk bertanding di tingkat provinsi. Ia berharap pemenang nantinya bisa terus berprestasi hingga di tingkat Internasional. /cr4