PLTMH Tersandung Anggaran

Muaraenim, BP

Usulan Pemerintah Kabupaten Muaraenim untuk membangun dua  Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Kecamatan Semende Darat Laut (SDL) kepada pemerintah pusat, tidak bisa terealisasi dalam waktu dekat.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Muaraenim melalui Kabid Energi Azhar, kemarin (22/4),  mengatakan, usulan yang disampaikan Dirjen LPE untuk 2012 belum kebagian bantuan dana pusat.

“Rencananya akan kita susulkan kembali pengajuan kepada Kementerian ESDM (untuk pembangunan PLTMH di Desa Babatan, Kecamatan SDL), kalau bisa masuk proyeksi pembangunan pada tahun anggaran 2013 mendatang,” kata Azhar.

Sedangkan untuk rencana pembangunan PLTMH di Desa Penindaian, menurut Azhar, dari hasil pertemuan di tingkat provinsi, pada 2013 bakal dimasukkan dalam APBD Sumsel.

Usulan itu sudah masuk dalam pembahasan dan disetujui dalam rapat musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat Provinsi Sumsel.

Diakui Azhar, untuk pembangunan PLTMH, memang membutuhkan anggaran cukup besar. Dalam pembangunan masing-masing PLTMH, kata dia, paling tidak minimal dana yang dibutuhkan sebesar Rp5 miliar.

Usulan itu, kata dia, masih akan terus diperjuangkan supaya dapat terealisasi. Apalagi, lanjut Azhar, rencana pembangunan PLTMH sudah jauh hari diusulkan pada 2009 lalu.

Dari rencana Pemkab Muaraenim tersebut,  untuk PLTMH di Desa Babatan memiliki kapasitas 107 KW. Sedangkan untuk rencana pembangunan PLTMH di Desa Penindaian dengan kapasitas 84 KW. /nur